Tak Netral, Kades Pulau Gemantung Dilaporkan ke Bawaslu

Kamis 24-10-2024,08:24 WIB
Reporter : Nisya
Editor : Dendi Romi

KAYUAGUNG, oganilir.co - Terkait adanya dugaan ketidaknetralan pemilu yang dilakukan  oknum Kades Pulau Gemantung, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),  relawan Kawan Muchendi (KM) didampingi Tim Badan Advokasi Hukum Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 02, Muchendi Mahzareki-Supriyanto (MURI) membuat laporan  ke Bawaslu OKI.

Relawan KM, Agus Hermansyah Wibowo mengungkapkan, pihaknya datang ke Bawaslu OKI karena ada dugaan terkait pelanggaran netralitas  Pulau Gemantung yang mendukung paslon Dja’far Shodiq-Abdiyanto (JADI) pada suatu acara. Saat itu oknum Kades Pulau Gemantung  menunjukkan satu jari yang didapat dari sumber story akun FB. @Abdul Hakim.

"Kami temukan pelanggaran ini dari akun story Facebook @Abdul hakim Rabu (23/10)," kata Agus, Kamis 24 Oktober 2024.

BACA JUGA:JADI Terima Rekomendasi B1 KWK PKB, Siap Menuju Pilkada OKI

Sementara itu, Ketua Badan Advokasi Hukum MURI, Mualimin Pardi Dahlan SH, CACP dan rekan dari Kantor Pengacara MPD Law firm melalui, Feri Apriansyah, SH mengatakan, terkait adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Kades Pulau Gemantung, pihaknya meminta Bawaslu dapat melakukan tindaklanjut sehingga oknum yang dilaporkan ditindak tegas soal netralitas kades sebagai pejabat desa.

"Kami juga akan  melayangkan surat ke pihak Inspektorat OKI terhadap kejadian ini," ujarnya.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu OKI, Syahrin, sudah menerima laporan dugaan oknum Kades Pulau Gemantung yang tidak netral dalam pilkada dan pihaknya akan segera mempelajari laporan tersebut untuk ditindaklanjuti.

Kategori :