Storytelling dalam Digital Marketing untuk Bangun Brand dengan Efektif

Rabu 16-07-2025,14:38 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi
Storytelling dalam Digital Marketing untuk Bangun Brand dengan Efektif

- Meningkatkan daya ingat pelanggan terhadap brand

- Mendorong keputusan pembelian berdasarkan perasaan konsumen 

- Meningkatkan jumlah share di media sosial 

- Memperkuat loyalitas pelanggan dalam jangka waktu yang panjang

Unsur Storytelling yang Efektif untuk Brand

BACA JUGA:Diskominfo Se-Sumsel Dorong Penguatan Infrastruktur dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Digital

cerita harus dibangun dengan elemen-elemen yang relevan agar mampu memperkuat citra dan membentuk hubungan emosional dengan audiens. Dalam strategi pemasaran digital, cerita harus mampu menyampaikan esensi merek secara konsisten di berbagai saluran digital. Dengan struktur dan niat yang jelas, cerita brand akan menjadi fondasi strategi komunikasi digital yang bertahan lama.

Karakter, konflik, dan resolusi dalam narasi brand

Sebuah cerita yang kuat selalu berakar pada struktur dasar narasi yang terdiri dari karakter, konflik, dan resolusi. Jika ketiganya diterapkan dalam konteks branding, strategi digital marketing akan menjadi alat yang ampuh untuk membangun identitas brand yang inspiratif dan relatable.

Dalam storytelling brand, “karakter” tidak selalu digambarkan dengan sosok manusia. Karakter tersebut bisa berupa brand atau produk itu sendiri, pelanggan hingga tim yang terlibat didalamnya. Penyampaian karakter tersebut akan membantu audiens merasa terhubung dan mengenal siapa yang mereka dukung.

BACA JUGA:Layanan Digital dan Inovasi KUR Primadona Nasabah BRI Lubuklinggau

Selain karakter, cerita juga membutuhkan konflik untuk memberi intensitas dan alasan bagi pelanggan agar peduli terhadap brand. Konflik tersebut bisa berupa kesulitan pelanggan, keadaan pasar, hingga perjuangan tim dalam membangun brand. Konflik ini dapat menciptakan relevansi dan membangun empati pelanggan terhadap brand.

Konflik saja tidak menarik, brand juga perlu menyampaikan resolusi mereka dalam mengatasi konflik tersebut. Resolusi akan membantu brand dalam membentuk ekspektasi pelanggan. Resolusi dapat disampaikan dalam bentuk solusi yang ditawarkan, atau dengan penutupan cerita yang menampilkan hasil, transformasi, hingga pelajaran yang diterima.

Konsistensi nilai dan pesan brand dalam cerita

Konsistensi adalah yang terpenting dalam membangun identitas brand. Tapi, konsistensi tidak berarti terus menerus mengulang atau menggunakan cara yang sama dalam menyampaikan cerita. Konsistensi artinya menjaga keselarasan antara nilai inti dan pesan yang disampaikan di berbagai cerita. 

BACA JUGA:Gelar Turnamen Mobile Legends, SUMEKS.CO Beri Edukasi Digital untuk Peserta

Dalam menjadi konsistensi storytelling brand, bisnis perlu memperhatikan hal-hal seperti: visi misi, gaya bahasa dan tone of voice, hingga visual dan identitas grafis yang dapat mendukung strategi.

Saluran Digital yang Ideal untuk Storytelling

Kategori :