Penjualan Hewan Kurban Menurun, Pedagang Sapi Musiman di Palembang Mengeluh

Senin 05-06-2023,09:07 WIB
Reporter : Deny
Editor : Dendi Romi

Penjualan Hewan Kurban Menurun, Pedagang Sapi Musiman di Palembang Mengeluh

PALEMBANG, oganilir.co - Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah akan jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Setiap menjelang Hari Raya Iduladha, pasti banyak bermunculan pedagang sapi dan kambing di setiap daerah. Salah satunya di Palembang. 

Salah satu pedagang hewan kurban di Jl Tutwuri Handayani, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang, Muhammad Ali sudah membuka lapak berjualan hewan kurban. Namun Mamat, -panggilan Muhammad Ali- sedikit mengeluj karena penjualan sapinya tidak seramai tahun lalu. 

"Tahun kemarin jual sampai 100 ekor, sedangkan tahun ini saya hanya baru menjual 40 ekor sapi," kata Mamat, Senin 5 Juni 2023. 

Dikatakannya, menurunnya penjualan hewan kurban tahun ini karena pengurus masjid membeli sapi dari peternak. Bukan dari pedagang musiman. Jelas berpengaruh terhadap pedagang hewan kurban musiman.

BACA JUGA:Panitia Kurban Masjid Palembang Berburu Sapi ke Banyuasin

"Jadi, sekarang ini tinggal rezeki masing-masing saja, sebagian besar hewan kurban jenis sapi itu yang disiapkan rata-rata sudah dipesan oleh pelanggannya dari teman ke teman saja, tidak pernah menjual ke luar daerah. Pelangganya wali kota, serta pejabat lainnya," ujar Mamat. 

Mamat menjelaskan sapi kurban dagangannya beragam. Seperti sapi Bali, lokal, metal, serta yang lainnya. Lalu untuk harga saat ini dirinya menjual berkisar antara Rp17 juta hingga Rp24 juta juta per ekor sapi. 

"Kambing saya jual berkisar Rp 3.000.000 hingga Rp5 juta," ujarnya.

 

Kategori :