Akhirnya, Tol Kapal Betung Bisa Dilintasi, Mumpung Gratis

Selasa 20-06-2023,09:23 WIB
Reporter : Aqda
Editor : Dendi Romi

Akhirnya, Tol Kapal Betung Bisa Dilintasi, Mumpung Gratis

BANYUASIN, oganilir.co - Warga Kabupaten Muba dan Kabupaten Banyuasin yang selama ini mengidam-idamkan untuk melintasi Jalan Tol Kayuagung Palembang Betung atau Kapal-Betung, bisa menikmatinya.

Sebab, Tol Kapal-Betung tersebut akan dioperasionalkan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 pada 6 Juli 2023 mendatang di Kota Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin. Beroperasinya Tol Kapal-Betung ini hanya sehari dan gratis.

“Bismillah, saat Harganas nanti Jalan Tol Kapal Betung di Banyuasin bisa pengguna lalui,” kata Bupati Banyuasin, Askolani SH MH.

Askolani menegaskan bahwa pengoperasian Tol Kapal-Betung tersebut hanya sehari. Karena itu penggunanya tidak dikenakan tarif alias gratis. Jarak tempuh dari Palembang ke Pangkalan Balai jika lewat Jalintim mencapai 45 menit. Dengan menggunakan Tol Kapal-Betung, jarak tersebut ditempuh hanya 25 menit. Askolani mengaku telah mencoba Jalan Tol Kapal Betung yang terletak di Pangkalan Balai–Musi Landas bersama dengan pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Tembus 2 Juta Kendaraan Selama Mudik dan Balik Lebaran 2023 di Jalan Tol

“Saya sudah mencobanya dan sebagian besar jalan sudah siap pengguna lalui,” ujar Askolani.

Diakuinya, ada ada beberapa titik jalan yang sedang dalam pembangunan. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, dan secara keseluruhan Jalan Tol Kapal Betung di wilayah Kabupaten Banyuasin sudah dapat berfungsi dengan baik.

"Tidak masalah, semuanya lancar," tegasnya.

Dia berharap agar pihak PT Waskita Sriwijaya, selaku pengelola Tol Kapal-Betung dapat segera menyelesaikan pembangunan pintu keluar (exit) tol. Baik di Musi Landas maupun di Pangkalan Balai, dengan begitu saat Tol yang menjadi bagian dari Tol Kapal Betung itu dibuka jalan menjadi lancar. Saat ini, pembangunan exit tol di kedua lokasi tersebut masih dalam proses untuk segera kelar.

“Kami akan melakukan pengecekan lagi untuk memastikan exit tol dapat fungsional pada acara Harganas,” pungkasnya. (SEG)

Kategori :