Pengguna Jalan Tol, Kurang Tertib. Isi Saldo Di Pintu Keluar Gerbang Tol Palembang

Pengguna Jalan Tol, Kurang Tertib. Isi Saldo Di Pintu  Keluar Gerbang Tol Palembang

antre isi saldo UE di Pintu Gerbang Tol Palembang--

# Kendaraan menumpuk-antrean diloket isi Saldo

OGANILIR.CO- Meski pihak Hutama Karya (HK)  terus menghimbau baik melalui media sosial seperti spanduk, brosur dan lainnya , termasuk media masa melalui pemberitaan.

Namun ternyata, tingkat ketaatan dan kepatuhan pengguna  ruas jalan tol, sepertinya masing sangat kurang tertib dalam memanfaatkan pasilitas jalan tol, dalam penggunaan  kartu Uang Elektronik (UE)

Apalagi sejak difungsionalkannya ruas jalan Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu)  sejak 15 April 2023 lalu secara gratis, tapi tidak berbanding lurus  dengan tingkat kepatuhan.

BACA JUGA:HK Mengklaim Kondisi Jalan Tol Sudah Prima, Siap Dilalui Pemudik

BACA JUGA:HK Pasang Spanduk, Info Mudik Lebaran 2023 Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih

Banyak pengguna jalan ruas tol saldo Uang Elektronik sepertinya tanpa saldo , Padahal pihak Hutama Karya telah menghimbau ketika akan memasuki gerbang pintu tol untuk memastikan kecukupan saldo UE .

Ini terlihat antrean panjang kendaraan  di bahu jalan, bahkan diluar bahu jalan pintu gerbang Tol Palembang. Mereka menghentikan kendaraannya , karena mau mengisi saldo uang elektonik.

Akibatnya selain kendaraan berbaris panjang  hingga keluar dari bahun jalan (dua  jalur) , juga terjadi antrean panjang untuk mengisi saldo uang elektronik di gerbang pintu tol Palembang.

BACA JUGA:Hutama Karya Berikan Discon Para Pemudik di Ruas Jalan Tol

Lebih parahnya, si sopir menghentikan kendaraannya saat dipalang pintu tol, lalu turun meninggalkan kendaraan untuk mengisi saldo.

Ironisnya pengendara tersebut, rata-rata dari Tol Prabumulih,’’Aduh sejak ruas Tol Indralaya-Prabumulih dibuka, jadi macet digerbang Tol Palembang ini,’’kata Ahmad.

Menurut Ahmad, kalau berhenti di bahu jalan , lalu pergi menuju tempat mengisi saldo, mungkin dimaklumni,’’Ini berhenti dipalang pintu tol, sopir keluar meninggalkan kendaraan, untuk mengisi saldo, otomatis yang dibelakangnya menunggu hingga antrean panjang,’’lanjut Ahmad.

Beberapa pengguna ruas jalan tol yang datang dari arah Prabumulih, mengaku alasannya bervariasi, ‘’Tadi nak ngisi saldo sebelum masuk gerbang Tol Prabumulih, tapi dak sempat, jadi isi saldo disini saja,’’kata Joni.

BACA JUGA:Bertambah, Muhammadiyah Ogan Ilir Siapkan 14 Lokasi Salat Idul Fitri

“Aku dak tahu kalau disini bakal antre panjang untuk mengisi saldo, kalau tau tadi bakal antre disini, cubo isi saldo di Prabumulih be sebelum masuk tol,’’kata pengemudi lainnya beralasan.

Seperti diketahui pihahk HK, telah menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. 

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE.

“Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada,’’ kata Branch Manager Tol Palembang - Indralaya – Prabumulih PT Hutama Karya (Persero), Syamsul Rijal.(sid)

Sumber: