Siswa SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS, Polres Ogan Ilir Berikan Materi Bahaya Perilaku Bullying

Rabu 12-07-2023,16:54 WIB
Reporter : admin oganilir.co
Editor : Sardinan

Siswa SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS, Polres Ogan Ilir Berikan Materi Bahaya Perilaku Bullying

OGANILIR.CO- Lembaga Pendidikan SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir saat ini tengah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) tahun ajaran 2023/2024 terhadap para siswa barunya, kegiatan MPLS dimulai sejak Senin 10 Juli 2023.

Acara MPLS menghadirkan pihak Polres Ogan Ilir melalui Sat Bunmasnya untuk memberikan materu penyuluhan tentang Bahaya  Perilaku Bullying dan mengantisipasi kenakalan remaja.

Bullying sendiri merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

BACA JUGA:MPLS Serentak di Palembang, Status Sekolah Unggul Dihapus

Karena perilaku Bullying merupakan sikap yang kurang baik dan jangan sampai terjadi dilingkungan sekolah, maka Sat Binmas Polres Ogan Ilir memberikan materi tindakan Perilaku Buyyling yang harus dihindari oleh setiap anak didik.

Kasat Binmas Polres Ogan Ilir AKP Wenpy Manurung SH  beserta jajaran anggota sat binmas  mengatakan, kepada para siswa agar hati hati  dan bijak dalam menggunakan medsos seperti  FB. IG TIktok dan lainnya.

“Penggunakan medsos sebagai wadah komunikasi yang positif bukan sebagai alat untuk melakukan hal negatif seperti membuat konten konten yang tidak sesuai karena hal tersebut dapat dijerat UUD ITE,’’kata AKP Wenpy.

BACA JUGA:SMAN 1 Indralaya Utara Gelar Pelepasan Peserta Didik Kelas XII

AKP Wenpy juga menekankan kepada peserta didik yang baru agar tidak melakukan kegiatan bullying terhadap orang lain apalagi sesama peserta didik karena hal tersebut bisa membuat  korban malu dan depresi.

“Kalau Bullying tersebut terus terjadi,  tentunya  akan menggangu proses belajar bagi korban bullying,sebagai contoh misalnya seorang korban bullying jadi malas dan malu untuk datang kesekolah untuk mengikuti kegiatan belajar disekolah,’’terang AKP Wenpy.

Masih kata AKP Wenpy, pihaknya menghimbau agar  para siswa tidak terlibat dan terprovokasi kegiatan tawuran atau perkelahian antar sekolah dimana hal tersebut  biasanya akan menimbulkan korban dan berdampak bagi lingkungan sekolah.

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir H Ardani Launching Gerakan Bergizi Nasional di SMAN 1 Indralaya Utara

“Saya mengajak para siswa agar patuh terhadap peraturan pemerintah dan atauran yang ada disekolah agar terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif baik dilingkungan sekolah dan masyarakat,’’tukasnya

Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Drs. Thohir Hamidi, M. Si. Pelaksanaan MPLS dimulai  Senin 10 Juli hingga 16 Juli 2023.

Kategori :