Mengapa Australia Disebut Benua Bukan Sebuah Pulau? ini Alasannya

Sabtu 15-07-2023,04:00 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Karandas

Mengapa Australia Disebut Benua Bukan Sebuah Pulau? ini Alasannya

 

oganilir.co - Australia sering kali disebut sebagai "benua" bukan hanya "pulau" karena memiliki karakteristik geografis, geologis, dan biologis yang unik. Meskipun secara luas dikenal sebagai "benua", Australia juga sering disebut sebagai "pulau benua" untuk mencerminkan ukurannya yang besar dan isolasinya.

 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Australia dianggap sebagai benua:

 

1. Ukuran dan luas: Australia adalah benua terbesar keenam di dunia berdasarkan luasnya. Dengan luas sekitar 7,7 juta kilometer persegi, Australia jauh lebih besar dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di dunia.

 

2. Fauna dan Flora: Australia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat khas dan banyak spesies endemik yang tidak ditemukan di tempat lain. Kehidupan tanaman dan hewan di Australia berkembang secara terisolasi selama jutaan tahun karena keberadaan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik di sekitarnya. Hal ini berbeda dengan pulau-pulau kecil yang biasanya memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang lebih rendah.

BACA JUGA:Masih Misteri, Polisi di Denpasar Periksa 7 Saksi Kematian Niamh Loader, Mahasiswi asal Perth Australia Barat

 

3. Batas Darat: Australia memiliki batas darat yang jelas dengan laut yang mengelilinginya. Batas-batas ini berbeda dengan pulau-pulau kecil yang tidak memiliki batas darat yang terdefinisi dengan jelas.

 

4. Keragaman Geologis: Australia memiliki sejumlah besar pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan cekungan yang membedakannya dari pulau-pulau kecil dengan topografi yang lebih sederhana.

 

Kategori :