Semburan Lumpur 20 Meter Bermula dari Galian Sumur Bor Bantuan Pemprov Sumsel untuk SIT Menara Fitrah

Minggu 25-09-2022,00:38 WIB
Reporter : Hetty
Editor : Julheri

OGAN ILIR, OGANILIR.CO - Semburan lumpur bercampur material pasir dan batu setinggi kurang lebih 20 meter di Indralaya, kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu, 24 September 2022 malam bermula dari pekerjaan sumur bor di area Sekolah Islam Terpadu (SIT) Menara Fitrah, Komplek Alam Indah, Indralaya.

Pembina Sekolah Islam Terpadu (SIT) Menara Fitrah, KH Iqbal Romzi menjelaskan, pembangunan sumur bor tersebut merupakan bantuan pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel dengan lokasi titik ditentukan oleh pihak pelaksana.

Ditambahkan Romzi, pengerjaan sumur tersebut sudah berjalan tiga hari dengan kedalaman diperkirakan sudah diatas 75 meter, berdasarkan keterangan pihak pekerja. "Sehingga terjadilah peristiwa yang tak diduga ini, ketika hendak menunaikan sholat maghrib," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, warga Indralaya serta sejumlah warga yang melintas di Jalan Lintas Palembang-Indralaya, malam ini menjadi heboh dengan adanya semburan pasir dan bebatuan dari sebuah sumur bor di samping SIT Menara Fitrah Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan itu.

BACA JUGA:Pria Bertato di Lampung Ini Pamer Burung pada 2 Siswi SMU Kotabumi, Saat Ditangkap Polisi Nangis

Kapolsek Indralaya, AKP Herman Romlie, melalui Kanit Reskrim, Ipda Zulkarnain Afianata membenarkan adanya peristiwa semburan pasir dan bebatuan di lokasi tersebut. "Di lokasi tersebut sedang dibuat sumur bor, ternyata airnya nyembur. Kita sedang meluncur untuk mengecek lokasi," terangnya.

"Belum, masih lidik," ungkap Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman, kepada SUMEKS.CO melalui Whatsapp, malam ini. Namun, menurut Andi Baso, penyebab terjadinya semburan lumpur tersebut dikarenakan adanya aktivitas pengeboran air suntik oleh pengelola.

Warga yang tinggal dekat kawasan semburan lumpur bercampur material pasir dan batu di dekat Sekolah Islam Terpadu (SIT) Menara Fitrah di jalan Lintas Timur, Km 35, Komplek Alam Indah, Indralaya Indah, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan menduga ada kandungan gas di bawah tanah di lokasi semburan lumpur tersebut, Sabtu, 24 September 2022 malam.

Meski malam suasana cukup gelap, namun samar warga melihat ada lumpur yang berwarna hijau menyembur menjulang, bahkan sampai 20 meter. Warga juga merasakan adanya uap gas yang terasa panas.  

BACA JUGA:Pria Bertato di Lampung Ini Pamer Burung pada 2 Siswi SMU Kotabumi, Saat Ditangkap Polisi Nangis

Makin malam bahkan semakin banyak warga yang berdatangan untuk menyaksikan semburan lumpur yang menjadi fenomena langka bagi warga sekitar.

Mengenai warna hijau pada semburan lumpur itu banyak warga yang mulai menyadarinya. Bahkan ada yang berteriak mengatakan, "ya warnanya hijau, warnanya hijau," cetus salah seorang warga. 

Video semburan diduga gas bercampur material ini tersebar cepat di media sosial. Bahkan sudah banyak warganet yang mengomentari postingan video itu. Salah satunya diposting akun facebook @azharzamil yang menuai banyak komentar. 

Warga tak ingin kejadian seperti lumpur Lapindo melanda daerah mereka. Seperti dikomentari @LukmanEfrora: Awas jangan kalu pecak lumpur lapindo. 

BACA JUGA:Semburan Diduga Gas Bercampur Pasir dan Batu dari Sumur Bor Gegerkan Warga Indralaya

Kategori :