Kecelakaan Laut di Buton Tengah, 15 Penumpang Meninggal

Senin 24-07-2023,15:53 WIB
Editor : Dendi Romi

BUTON, oganilir.co - Kecelakaan laut terjadi di Teluk Mawasangka Tengah, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Senin 24 Juli 2023 dini hari. Sebanyak 15 dari 19 penumpang dinyatakan tewas. Empat penumpang lainnya masih dalam pencarian.

 

Melansir dari AP News pada Senin 24 Juli 2023, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Muhammad Arafah mengatakan bahwa kapal nahas itu dalam perjalanan dari desa Lanto di Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara ke Desa Lagili, sebelum kemudian terbalik pada Senin waktu dini hari.

Kapal penumpang sebenarnya dibuat untuk mengangkut 20 muatan, namun kapal tersebut justru membawa 40 penumpang. 

 

Arafah menjelaskan, timnya berhasil menyelamatkan enam penumpang, menemukan 15 penumpang yang tewas dan masih melakukan pencarian pada 19 orang lainnya yang masih hilang di tengah kondisi laut yang cukup ekstrem.

BACA JUGA:Video Viral, Kali Ini Truk Terjun ke Laut di Pelabuhan Merak Saat Cuaca Ekstrem, Ini Penjelaskan Polda Banten

 

Ada tiga perahu karet, dua perahu nelayan, dan enam penyelam yang dikerahkan oleh Basarnas untuk mencari para korban yang masih hilang.

 

Dalam sebuah berita televisi memperlihatkan rekaman petugas penyelamat yang sedang mengevakuasi mayat dari laut di tengah malam. Ada pula kerabat dan keluarga korban yang menunggu di pelabuhan dan rumah sakit untuk mencari informasi keluarga mereka.

 

Informasinya, banyak warga yang melakukan perjalanan menggunakan kapal penumpang untuk menyeberangi pulau dengan tujuan merayakan hari ulang tahun kabupaten Buton Tengah pada Ahad 23 Juli 2023.

Kategori :