Luar Biasa, Teknologi AI Mampu Terjemahkan Aksara Kuno Berusia 5.000 Tahun

Selasa 25-07-2023,10:08 WIB
Editor : Dendi Romi

Luar Biasa, Teknologi AI Mampu Terjemahkan Aksara Kuno Berusia 5.000 Tahun 

oganilir.co – Penemuan teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi perhatian publik. Betapa tidak, teknologi kecerdasan buatan itu mampu menerjemahkan bahasa kuno yang telah berusia 5.000 tahun.

 

AI merupakan cabang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer yang mampu meniru dan melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

 

AI memang mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir dan diterapkan dalam berbagai bidang. Kelebihannya, tim yang berisi Arkeolog dan Ilmuwan Komputer mengembangkan sebuah AI yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa kuno.

 

Dilansir dari laman Bigthink.com pada Selasa 25 Juli 2023, bahasa yang diterjemahkan adalah bahasa Akkadia berbentuk cuneiform atau aksara paku.

BACA JUGA:Lowongan Dosen Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

 

AI yang diciptakan oleh tim ilmuwan dan arkeolog ini berhasil menerjemahkan bahasa tersebut dengan tingkat akurasi yang tinggi.

 

Akkadia sendiri merupakan bahasa ibu dari kekaisaran Akkadia yang muncul sekitar 2300 sebelum masehi yang berarti hampir 5.000 tahun lamanya.

 

Tulisan tersebut diawetkan pada sebuah aksara paku dan terdiri dari tanda-tanda yang terukir pada lempengan tanah liat dengan menggunakan pisau atau paku.

Kategori :