Bagaimana Update Hilang Kontak Ahmad Munasir? ini Kata Rektor UII

Minggu 06-08-2023,14:02 WIB
Editor : Dendi Romi

 

Setelah sepekan beraktivitas di USN sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Fathul berjumpa terakhir dengan Rafie di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. Rafie sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki.

BACA JUGA:Dualisme Rektor Unbari Jambi, Gaji Dosen tak Dibayar 3 Bulan

 

Namun, dia terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP).

 

Proses pencarian Rafie melibatkan Polri hingga Kementerian Luar Negeri (Kemlu) lewat Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Saat itu Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti menjelaskan dosen UII itu bukan hilang, tapi sengaja mengubah destinasi tanpa memberi tahu siapa pun termasuk keluarga.

 

Setelah beberapa pekan pencarian Ahmad Rafie, KJRI di New York akhirnya menemukan yang bersangkutan. Dosen UII itu ternyata berada di AS.

 

"Kemlu dan KJRI NY telah menjalin komunikasi langsung dengan AMRP. Konjen RI NY juga telah bertemu langsung dengan beliau," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha kepada wartawan, Jumat 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Percaya Dijanjikan Jadi Honor, karena Terlapor Dosen, Korban Rugi Rp49 Juta, Diduga Masih Ada 7 Korban Lain

 

"Saat ini AMRP berada di AS dan alhamdulillah dalam keadaan aman," sambungnya.

 

Judha menyebut Ahmad Munasir Rafie juga telah berkomunikasi dengan pihak keluarga dan UII. Kala itu yang bersangkutan menjelaskan kondisi kesehatannya dan meminta ruang privat.

Kategori :