15 Larangan Rasulullah SAW yang Sering Dilanggar Tanpa Disadari

Selasa 08-08-2023,05:00 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Karandas

11. Menunda pembayaran hak orang lain. Dari Abu Hurairah RA: "sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: orang yang mampu membayar hak orang lain namun menunda pembayarannya merupakan kedzaliman," Muttafaqun Alaih.

 

12. Duduk diantara dua orang kecuali dengan izin keduanya. " Rasulullah Saw melarang seseorang duduk diantara dua orang kecuali dengan seizin mereka," Hadist Hasan menurut Al Albani.

 

13. Membiarkan api menyala disaat mau tidur. " Dan suatu ketika nabi Muhammad Saw mendengar berita kebakaran rumah salah satu sahabatnya, beliau bersabda : sesungguhnya api itu musuh kalian, maka jika kalian tidur padamkanlah," Muttafaqun Alaih.

BACA JUGA:1 Amalan yang Bisa Rubah Seseorang Jadi Lebih Baik, Ustaz Adi Hidayat Ajarkan Caranya

 

14. Mencabut Uban. "Janganlah kalian mencabut uban, karena sesungguhnya uban itu merupakan cahaya bagi seorang muslim pada hari kiamat," HR Abu Dawud dan Tirmidzi.

 

15. Masuk masjid dengan kondisi bau. "Barang siapa yang makan bawang merah atau bawang putih dan kurrots (sayur yang mirip bawang merah) maka janganlah mendekati masjid, karena malaikat akan tertanggu, sebagaimana manusia terganggu darinya," HR Muslim.

 

Itulah beberapa larangan dari Nabi Muhammad SAW, mungkin masih banyak lagi larangan yang belum kita ketahui. Ada baiknya kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW menuruti perintahnya dan menjauhi larangannya serta mengikuti ajaran yang ada di dalam kitab suci Alquran.

Kategori :