Aksi Bumil , Untuk Menurunkan AKI,AKB dan Stunting di Ogan Ilir

Senin 04-09-2023,16:45 WIB
Reporter : admin oganilir.co
Editor : Sardinan

Aksi Bumil  , Untuk Menurunkan AKI,AKB dan Stunting di Ogan Ilir 

OGANILIR.CO- Persoalan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)  masih menjadi bahasan jajaran Pemkab Ogan Ilir.

Termasuk juga dengan masalah stunting yang masih cukup di tinggi di Bumi Caram Seguguk Kabupaten Ogan Ilir, Berbagai langkah telah dan tengah dilakukan .

Nah hari ini Senin 4 September 2023 ,  Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H membuka Aksi Ibu Hamil (Bumil)  Sehat dalam Rangka Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) serta Pencegahan dan Penurunan Stunting , berlangsung di Balai Desa Tanjung Sejaro Kecamatan  Indralaya. 

BACA JUGA:Grasstrack Piala Bupati Ogan Ilir Tahun 2023 Berakhir

Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, aksi Bumil sehat bertujuan untuk menurunkan stunting dan Angka Kematian Ibu (AKI).

“ Aksi ini adalah suatu kegiatan untuk mensosialisasikan tentang pentingnya kesehatan pada masa kehamilan, selain konsumsi makanan bergizi seimbang ibu hamil juga harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang sesuai standar (ANC) terpadu."kata Bupati termuda ke 7 di Indonesia ini.

Olah karenanya, persiapan untuk keluarga dan ibu dalam menghadapi persalinan serta dukungan pemenuhan kebutuhan dalam mensukseskan pemberian ASI Ekslusif, harus terus dilakukan sejak dini .

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Saldo Dana Gratis Terbaru, Terbukti Membayar Hingga Rp500 Ribu

Bupati Panca menambahkan Intervensi spesifik pencegahan stunting yang dilakukan pada masa kehamilan adalah ibu hamil mendapatkan tablet tambah darah selama kehamilan, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, pemantauan kesehatan melalui pemeriksaan kehamilan dan kelas ibu hamil serta dukungan keluarga dan masyarakat pada masa kehamilan." Tukasnya.

Acara ini ditutup dengan penandatangan bersama secara simbolis deklarasi dukungan Gerakan Bumil Sehat yang dilakukan langsung oleh bupati dan jajaran yang menghadiri.(Sid)

 

Kategori :