Sempat Ditahan Korut Karena Masuk Wilayahnya Tanpa Izin, Tentara AS Akhirnya Dibebaskan

Jumat 29-09-2023,09:32 WIB
Editor : Dendi Romi

Sempat Ditahan Korut Karena Masuk Wilayahnya Tanpa Izin, Tentara AS Akhirnya Dibebaskan

PYONGYANG, oganilir.co - Masih ingat kasus kaburnya tentara Amerika Serikat (AS) bernama Travis King yang kabur saat bertugas di Korea Selatan dua bulan lalu. Menariknya, prajurit AS tersebut dengan sukarela, menyeberangi Area Keamanan Bersama di Panmunjom menuju Korea Utara.

 

Menurut para saksi, Travis King saat itu sedang berkunjung ke Area Keamanan Bersama dan melanggar Garis Demarkasi Militer tanpa izin sekitar pukul 15.27 waktu setempat pada bulan Juli, serta menyeberang ke Korea Utara.

 

Dikutip dari Allkpop, terungkap bahwa Travis King memasuki wilayah Korea Utara untuk mencari suaka di negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut.

 

Nah, pada tanggal 27 September 2023, Korea Utara secara tiba-tiba mengumumkan niatnya untuk membebaskan Travis King.

BACA JUGA:Tentara AS Mencari Suaka ke Korea Utara, Ada Apa?

 

Sebelumnya, beberapa pihak telah mengantisipasi bahwa Korea Utara mungkin akan memperpanjang penahanan. Bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dari Washington selama beberapa waktu, yang ditandai dengan meningkatnya ketegangan antara kedua negara tersebut.

 

Menurut AP, "Para pejabat tidak tahu persis mengapa Korea Utara memutuskan untuk mengusir King, akan tetapi mereka menduga Pyongyang memutuskan bahwa sebagai seorang prajurit berpangkat rendah, dia tidak memiliki nilai yang nyata baik dalam pengaruh maupun informasi."

 

"Seorang pejabat, berwenang untuk berkomentar dan meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Korea Utara mungkin telah memutuskan bahwa King (23), lebih merepotkan untuk dipertahankan daripada dibebaskan."

 

Kategori :