Belum Pernah Terjadi, Ketua DPR AS Dicopot Anggotanya

Rabu 04-10-2023,13:07 WIB
Editor : Dendi Romi

Apa yang dilakukan Partai Republik dan Partai Demokrat?

 

DPR AS kini terdiri atas 221 anggota Partai Republik dan 212 anggota Partai Demokrat, yang akan berkumpul sesuai partai masing-masing untuk memikirkan langkah selanjutnya, baik secara politik maupun legislatif.

 

Masing-masing partai diharapkan berusaha mencari calon Ketua DPR AS yang baru. Hal ini cukup mudah bagi Partai Demokrat karena mereka mendukung Pemimpin Minoritas Hakeem Jeffries, yang mencalonkan diri sebagai ketua pada Januari lalu melawan McCarthy dan beberapa kandidat lainnya.

 

Partai Republik, dengan adanya perpecahan jelas di antara mereka terutama di kalangan kelompok kecil konservatif garis keras yang menginginkan pemotongan besar-besaran dalam rencana anggaran federal, mungkin akan lebih sulit dalam memilih kandidat.

 

McHenry bisa memiliki keuntungan karena dia sekarang bertindak sebagai Plt Ketua DPR AS. Namun tidak diketahui secara jelas apakah dia menginginkan jabatan itu. Sementara McCarthy menegaskan tidak akan mencalonkan diri lagi.

BACA JUGA:Prediksi Amerika Serikat vs Wales, Kemungkinan Hasil Imbang di Depan Mata, Tapi Amerika Bisa Bikin Kejutan

 

Lengsernya McCarthy dalam voting menempatkan DPR AS pada posisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga tidak jelas seberapa cepat pemilihan ketua baru akan digelar. Biasanya, pemilihan Ketua DPR digelar pada awal sidang Kongres AS setiap dua tahun.

 

Kapan pemilihan Ketua baru DPR AS digelar?

 

Pemimpin dari kedua partai dalam Kongres AS harus memutuskan kapan mereka siap memasuki proses pemilihan ketua baru.

Kategori :