Isuzu Luncurkan Erga EV Bus Listrik dengan Lantai Datar yang Peduli Lingkungan dan Disabilitas

Kamis 26-10-2023,10:25 WIB
Editor : Karandas

Isuzu Luncurkan Erga EV Bus Listrik dengan Lantai Datar yang Peduli Lingkungan dan Disabilitas 

oganilir.co - Keren ternyata tak hanya mobil pribadi yang tampil di Japan Mobility Show (JMS) 2023, ada juga bus listrik yang tampil di perhelatan bergengsi tersebut.

Isuzu Motors Limited, perusahaan otomotif asal Jepang menampilkan bus listriknya yang dinamai Erga EV, Rabu 25 Oktober 2023.

Erga EV diluncurkan untuk mencapai visi Isuzu di masa depan yang ramah lingkungan, mengurangi emisi dan meningkatkan kenyamanan penumpang terutama disabilitas.

’’Isuzu punya sejarah panjang dalam memproduksi dan menjual bus. Kami dengan bangga memperkenalkan Erga EV, bus baterai-listrik yang berorientasi pada manusia dan ramah lingkungan,’’ ujar COO Isuzu Motors Limited Shinsuke Minami, seperti yang dikutip Jawapos.

BACA JUGA:Peminat Mobil Listrik Volkswagen Melonjak Tinggi, Penjualan Naik 45 Persen

Erga EV bus listrik pertama yang dikembangkan oleh Isuzu untuk mencapai nol emisi karbon. Bus Erga EV menggunakan baterai listrik sebagai sumber energinya, sehingga tidak memerlukan mesin atau tangki bahan bakar.

Lantai yang datar dapat memberikan keuntungan bagi penyandang disabilitas, terutama yang menggunakan kursi roda. Bus Erga EV dilengkapi dengan ram kursi roda di area pintu, yang dapat membantu penyandang disabilitas masuk dan keluar bus tanpa bantuan orang lain.

Selain itu, semua kursi di dalam bus dapat diakses tanpa anak tangga, sehingga membuat pergerakan di dalam bus menjadi bebas hambatan. Dari unit yang ditampilkan di JMS 2023, Erga EV memiliki tampilan modern dengan jendela besar layaknya bus pada umumnya.

“Bus EV dengan lantai datar ini adalah yang pertama di antara pabrikan Jepang. Masyarakat bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa di dalam bus,’’ ungkap Minami.

BACA JUGA:Mercedes-AMG GLE 53 Hybrid Mobil Idaman Ramah Lingkungan

Isuzu juga menyebut bus Erga EV punya akselerasi dan deselerasi yang halus, serta getaran dan kebisingan yang rendah untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Isuzu berencana untuk meluncurkan bus Erga EV di Jepang pada akhir 2024.

Kategori :