Mirip Tapi Berbeda, Kenali Perbedaan Earphone, Headset, Headphone, dan Handsfree untuk Kebutuhan Anda

Kamis 30-11-2023,20:13 WIB
Editor : Dendi Romi

Mirip Tapi Berbeda, Kenali Perbedaan Earphone, Headset, Headphone, dan Handsfree untuk Kebutuhan Anda

oganilir.co - Siapa yang saat ini setiap hari menggunakan earphone? Apakah Anda mengetahui jenis perangkat yang anda gunakan? Apakah perangkat tersebut earphone, headphone, headset, atau handsfree? Tidak jarang masih banyak orang yang keliru tentang jenis perangkat audio ini yang dapat terhubung dengan smartphone, laptop, maupun komputer.

Jika Anda ingin melihat perbedaan jenis produk perangkat ini, Anda dapat menemukan berbagai macam produk audio terbaik dengan berbagai jenis di Audio Technica. Produk asal Jepang ini menghadirkan kualitas suara yang jernih dan mampu bersaing dengan harga yang relatif terjangkau.

Sudah bukan hal baru saat ini banyak masyarakat yang menggunakan perangkat audio di telinganya untuk mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan lainnya. Penggunaan perangkat ini sudah sangat umum digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pekerja hingga pelajar.

BACA JUGA:Realme 8i Turun Separuh Harga, Anda Mau Ganti Smartphone?

Penggunaan perangkat audio ini biasanya umum digunakan dalam situasi ruang publik, seperti transportasi umum agar tidak mengganggu orang lain. Jenisnya juga beragam dan memiliki fitur serta keunggulan yang berbeda-beda.

Setidaknya ada 4 perangkat audio yang umum digunakan, yaitu earphone, headphone, headset, dan handsfree. Simak penjelasan di bawah ini agar Anda tidak keliru akan perbedaannya.

1. Earphone

Earphone adalah perangkat audio yang sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena bentuknya yang lebih kecil dan mudah dibawa, earphone menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Selain itu, kualitas suara earphone juga dapat bersaing dengan perangkat audio lainnya.

Walaupun bentuknya yang kecil, beberapa earphone memiliki desain dan bentuk yang unik sehingga tidak monoton dan menarik untuk dilihat. Earphone memiliki dua driver dan memiliki fungsi mikrofon sehingga dapat Anda gunakan untuk melalukan panggilan telepon.

BACA JUGA:Vivo 25e Banting Harga, Yakin Anda Belum Mau Ganti Smartphone?

Harga earphone juga sangat beragam, mulai dari yang termurah kurang dari Rp10.000 hingga mencapai harga ratusan ribu. Setiap harga tentunya memiliki kualitas suara dan ketahanan yang berbeda.

2. Headphone

Istilah headphone adalah sebutan perangkat audio dengan 2 driver yang terhubung secara melingkar di atas kepala sehingga menghubungkan kedua driver tersebut. Pada awalnya, headphone hanya berfungsi sebagai perangkat audio yang berupa output saja. Akan tetapi, beberapa versi terkininya sudah tersedia built in mikrofon yang terhubung dengan teknologi wireless dan ANC.

Headphone juga dapat dibagi berdasarkan jenisnya ke dalam 2 bagian, yaitu open-back dan close-back. Open-back dirancang dengan konsep housing terbuka yang memiliki lubang disekitar speaker untuk mengalirkan gelombang suara. Sehingga memungkinkan suara masih bisa didengar oleh orang disekitar walaupun kecil. Sedangkan Close-back didesain dengan housing tertutup dan mampu menghasilkan suara yang mampu diredam sehingga tidak dapat didengar oleh orang di sekitar serta kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus dibanding Open-back.

Kategori :