Mirip Tapi Berbeda, Kenali Perbedaan Earphone, Headset, Headphone, dan Handsfree untuk Kebutuhan Anda

Kamis 30-11-2023,20:13 WIB
Editor : Dendi Romi

3. Headset

BACA JUGA:Realme C17 Banting Harga, Mungkin Anda Berminat Ganti Smartphone?

Banyak orang yang bingung khususnya dengan perbedaan headset dan headphone. Kedua perangkat ini memang memiliki bentuk yang serupa dan fungsi yang sama. Akan tetapi terdapat fitur yang sedikit berbeda. Perbedaannya adalah headset memiliki mikrofon yang terpasang dan terlihat secara fisik.

Pada dasarnya, headset adalah gabungan antara berkomunikasi dan mendengarkan audio. Umumnya headset lebih sering digunakan untuk bermaim game atau melalukan panggilan audio serta video. Headset juga lebih sering digunakan dan terhubung dengan perangkat PC atau laptop. Headset sangat jarang digunakan untuk dihubungkan dengan smartphone, karena memiliki 2 kabel untuk dihubungkan, yaitu kabel untuk output audio dan mikrofon.

4. Handsfree

Handsfree memiliki kemiripan yang hampir serupa dengan earphone. Dengan bentuknya yang serupa, handsfree lebih identik dengan sistem menghubungkannya yang menggunakan bluetooth. Kedua perangkat ini sama-sama memiliki tombol untuk kontrol. Akan tetapi, handsfree memiliki fungsi tombol yang lebih lengkap dan sangat mempermudah pengguna. Handsfree memiliki tombol yang berfungsi untuk menerima dan memutus panggilan, kemudian juha tersedia tombol untuk mengatur besar-kecil volume audio. Beberapa handsfree juga memiliki tombol on/off sehingga lebih optimal penggunaannya.

BACA JUGA:Cek Harga Terbaru Infinix Hot 12 Pro, Mungkin Anda Berminat Ganti Smartphone?

Jika Anda mencari perangkat audio yang memiliki kualitas suara yang lebih baik, headset sangat cocok untuk kebutuhan Anda karena memiliki suara yang lebih jernih dan jelas. Hal ini juga didukung dengan kualitas peredam suara dari luar sehingga mampu memblokir suara dari luar dengan sangat baik.

Kualitas suara yang dimiliki headset dan earphone memiliki perbedaan yang tidak terlalu mencolok. Sehingga keduanya dapat menjadi pilihan terbaik diantara perangkat audio yang lain untuk keperluan harian Anda. Jika Anda membutuhkan perangkat audio terbaik yang mudah dibawa, earphone adalah pilihan terbaik. Saat ini earphone juga memiliki jenis dan bentuk yang beragam. Kebanyakan orang saat ini juga menggunakan earphone yang terhubung dengan teknologi bluetooth. Dengan harganya yang semakin terjangkau, makin banyak orang yang memilih earphone untuk digunakan untuk menemani beraktivitas.

Itulah perbedaan yang perlu Anda ketahui mengenai earphone, headphone, headset, dan handsfree. Semua perangkat audio ini dapat Anda temukan dengan harga dan promo terbaik hanya di Blibli yang menyediakan perangkat audio dengan kualitas terbaik.

 

Kategori :