Truk Antre Sejak Pukul 06.00 di SPBU Palembang, Dapat Giliran Isi Bio Solar 3,5 Jam Kemudian

Sabtu 02-12-2023,10:23 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

Truk Antre Sejak Pukul 06.00 di SPBU Palembang, Dapat Giliran Isi Bio Solar 3,5 Jam Kemudian

PALEMBANG, oganilir.co - Sudah menjadi  pemandangan rutin di SPBU dalam Kota Palembang sering ditemui antrean panjang truk atau kendaraan yang berbahan bakar bio solar antre mengular.

Pantauan oganilir.co, Sabtu 2 Desember 2023 di dua SPBU Palembang terjadi antrean panjang  truk atau kendaraan berbahan bakar bio solar di pintu masuk atau jalan menuju SPBU. Seperti di SPBU Romi Herton Jl Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Km 13. Di SPBU milik mantan wali kota Palembang ini, antrean truk atau kendaraan berbahan bakar bio solar untuk mengisi BBM terjadi sepanjang hari. Mulai dari kendaraan jenis truk, bus AKAP, dump truk, angkot, mobil box, dan kendaraan lainnya yang menggunakan bahan bakar bio solar.

Harga bio solar yang hanya Rp6.800 per liter membuat pengemudi atau pemilik kendaraan jenis diesel rela antre hingga berjam-jam. Antrean truk atau kendaraan berbahan bakar bio solar di SPBU Romi Herton Km 13 ini panjangnya mencapai 300 meter. Mulai dari pompa BBM hingga arah jalan menuju pintu masuk Terminal Alang-Alang Lebar. Antrean terjadi dari pagi hingga malam pukul 21.00 WIB.

BACA JUGA:Truk Numpuk Antrean di SPBU Indralaya Ogan Ilir

Antrean kendaraan jenis diesel juga terjadi di SPBU Jl Kolonel H Barlian Km 10 Simpang Bandara Lama. Kendati antrean kendaraan tidak sepanjang SPBU Romi Herton, namun panjangnya mencapai 200 meter. Mulai dari pompa BBM hingga ke turunan flyover Simpang  Bandara. Antrean kendaraan di SPBU ini terjadi dua jalur, yakni dari arah Jl Sultan Mahmud Badaruddin II.

SPBU Simpang Bandara Lama ini mulai beroperasi pada pukul 07.00 sampai pukul 22.00 WIB. Namun ketersediaan bio solar di SPBU ini hanya sampai pukul 19.00 WIB karena banyaknya kendaraan jenis diesel yang mengisi bio solar. Pada pukul 19.00 atau 20.00 biasanya persediaan bio solar sudah habis di SPBU ini. Akibatnya sering terjadi pengemudi kendaraan kecele karena sudah antre namun bio solar keburu habis.

Kendaraan yang antre di SPBU Simpang  Bandara Lama ini juga beragam. Seperti bus AKAP, truk, mobil box, angkot, dump truk, kendaraan pribadi hingga kendaraan mewah jenis Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Kijang Innova Reborn. 

BACA JUGA:Antrean BBM Mengular di SPBU, SKK Migas Ungkap Penyebabnya

Izet, salah satu pengemudi truk menuturkan bahwa dirinya setiap harus rela antre mengisi bio solar sejak pukul 06.00. SPBU Simpang Bandara Lama sendiri baru buka pada pukul 07.00. Dia baru dapat giliran pada pukul 09.30 atau 3,5 jam kemudian. 

"Tiap hari antre, pak," kata Izet saat dibincangi oganilir.co, Sabtu 2 Desember 2023.

Dia sendiri mengisi bio solar untuk truk yang dikemudikannya sekitar 80 liter per hari. Pihak SPBU sendiri membatasi pembelian bio solar dalam jumlah banyak. "Dibatasi, paling banyak 80 liter," ujarnya.

Izet memilih antre BBM di SPBU Simpang Bandara Lama karena tidak terlalu panjang. Berbeda dengan SPBU Simpang Bandara Baru Jl Letjen Harun Sohar. Antrean kendaraan yang mengisi bio solar di SPBU Simpang Bandara Baru mencapai 400 meter. 

"Kalu ngantre di situ (SPBU Simpang Bandara Baru) biso sampe limo jam, pak," terangnya.  

BACA JUGA:Resmikan SPBU, Wako Prabumulih Minta Pekerjakan 100 Persen Warga Lokal

Kategori :