Kodim 0406 MLM Hijaukan Kawasan Danau Aur

Kodim 0406 MLM Hijaukan Kawasan Danau Aur

Kegiatan penghijauan HUT Kodam II/Sriwijaya ke-78 oleh Kodim 0406 MLM, Jumat 8 Desember 2023. --

Kodim 0406 MLM Hijaukan Kawasan Danau Aur

MUSI RAWAS, oganilir.co – Kodim 0406 Musi Rawas-Lubuklinggau-Muratara (MLM) menggelar Karya Bakti tanam ribuan pohon penghijau di Danau Aur, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas (Mura). Kegiatan ini dipimpin Dandim 0406 Letkol Inf Kunto Adi Setiawan diwakili Kasdim Mayor Inf Nur Sigit Prasetya, Jumat 8 Desember 2023 pukul 08.00 WIB.

Penghijauan yang dilakukan Kodim 0406 MLM merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-78 Kodam II/Sriwijaya. Dalam peringatan ini, Kasdim 0406 MLM melakukan Penghijauan dengan menanam sejumlah pohon Penghijauan jenis mahoni, bambang lanang, meranti, dan tanaman buah sirsak.

Kasdim 0406 MLM Mayor Inf Nur Sigit Prasetya yang mewakili Dandim 0406 Letkol Inf Kunto Adi Setiawan, menuturkan bahwa bibit pohon yang ditanam mencapai 2.000 batang.

BACA JUGA:Jelang Hari Pahlawan, Kodim 0402 OKI Bersihkan Monumen Serma Abdul Muis

"Kami juga bersinergi dengan Dinas Perairan, Pertanian, Polsek, Kecamatan, Kelurahan, pelajar dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dihadiri anggota Kodim 0406/ Lubuklinggau dan Koramil jajaran," kata Nur Sigit.

Menurutnya, penghijauan yang dilakukan bertujuan agar bisa mendapat manfaat positif untuk generasi masa mendatang. "Penanaman pohon yang dilakukan merupakan upaya dalam penanggulangan dan antisipasi bencana alam banjir ataupun tanah longsor serta mewujudkan fungsi lingkungan hidup dan meminimalisir dari dampak pemanasan global," ujarnya.

Dia menuturkan, penanaman pohon ini juga untuk tercapainya fungsi lingkungan hidup terjaganya sumber daya alam terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana serta terkendalinya polusi atau pencemaran udara. Dengan adanya penanaman pohon penghijauan ini dapat mengurangi dampak pemanasan global dan kekeringan.

"Di sisi lain di saat musim penghujan pohon-pohon yang ditanam dapat meminilisir bencana seperti tanah longsor dan banjir, khususnya di wilayah Kecamatan Sumber Harta," imbuhnya.

BACA JUGA:Keluar Markas, Mayor CPM Jadi Pabung Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir

Oleh karena itu, Kodim 0406/Lubuklinggau juga mengajak untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah daerah dalam gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan dengan menggalakkan penghijauan dilingkungan sekitar.

“Mari sama-sama peduli terhadap lingkungan dengan menjaga lingkungan kita demi generasi penerus kita,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Sumber Harta, Deni Farmanda menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0406/Lubuklinggau atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon di wilayahnya. "Semoga dengan adanya penanam pohon ini dapat mengurangi intensitas banjir di wilayah Kecamatan Sumber Harta," tukasnya. 

Sumber: