Peringatan Hakordia, Kejari OKI Gelar Seminar

Peringatan Hakordia, Kejari OKI Gelar Seminar

Seminar antikorupsi Kejari OKI di kampus Uniski, Senin 11 Desember 2023. foto: istimewa--

Peringatan Hakordia, Kejari OKI Gelar Seminar

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel menggelar seminar dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023 yang jatuh pada 9 Desember 2023. 

Seminar digelar di kampus Uniski Kayuagung, Kabupaten OKI, Senin 11 Desember 2023 yang dihadiri oleh Kajari OKI Hendri Hanafi SH MH. Tak hanya menghadiri seminar, Hendri Hanafi juga memberikan materi kepada para peserta yang merupakan mahasiswa Uniski

Pemateri lainnya Wulandari Nurnaningsih SH dari Inspektorat Kabupaten OKI. Dia menyampaikan materi prosedur penanganan pengaduan masyarakat terindikasi tindak pidana korupsi oleh APIP. 

Seminar bertujuan mewujudkan generasi milineal yang berintegritas, bebas korupsi dan berakhlak. Dimana korupsi sangat berdampak buruk bagi kehidupan di suatu negara diantaranya,  melambatnya pertumbuhan ekonomi negara dan menurunnya investasi. 

BACA JUGA:Kejari OKI Bantah Minta Sekolah Mencetak Banner Perekrutan CPNS Kejaksaan

Kepala Kejari OKI Hendri Hanafi SH MH mengatakan bahwa dalam memberantas korupsi diperlukan pembentukan karakter, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, beriman dan bertaqwa, keadilan dan keberanian. Selanjutnya kejujuran, kemandirian, dan disiplin dengan menerapkan strategi seperti pendekatan hukum, dengan dikeluarkannya undang-undang anti korupsi. Selain itu, pendekatan ekonomi,  pendekatan budaya dan pendekatan sumber daya. 

"Dengan demikian angka korupsi bisa ditekan sedini mungkin," kata Hendri Hanafi. 

Hendri Hanafi juga berpesan kepada para mahasiswa Uniski untuk menjadi mahasiswa yang cerdas, bertanggungjawab, berwawasan dan berakhlak mulia. Memerangi korupsi dengan menghindari kebiasaan buruk yakni menyontek, bolos kuliah titip absen, datang terlambat, copy paste tugas teman, manipulasi laporan pertanggungjawaban (LPJ), memberi hadiah dosen, dan memalsukan data beasiswa. 

BACA JUGA:Dana Desa Bermasalah, ini Saran Kejari OKI untuk Pak Kades

"Karena lingkungan pendidikan menjadi barometer dalam membentuk generasi antikorupsi," ujarnya. 

"Menjadi wadah pembentukan karakter,  menjunjung tinggi kedisiplinan, tangguh, jujur dan ikhlas dalam mewujudkan Indonesia hebat."

Seminar Hakordia 2023 dihadiri Bupati OKI HM Dja'far Shodiq, Kepala Kadis Pariwisata OKI Ahmadin Ilyas, dan pejabat lainnya. 

Sumber: