Salat Sunnah Tasbih Dianjurkan Sekali Seumur Hidup, ini Keutamaannya

Salat Sunnah Tasbih Dianjurkan Sekali Seumur Hidup, ini Keutamaannya

Ilustrasi.--

Salat Sunnah Tasbih Dianjurkan Sekali Seumur Hidup, ini Keutamaannya

oganilir.co - Salat Sunnah Tasbih dianjurkan untuk dikerjakan sekali dalam seumur hidup. Salat sunnah ini dikerjakan dalam empat rakaat yang berisi bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya.

Dengan demikian, empat rakaat Salat Sunnah Tasbih, maka bacaan tasbih di tiap sholat ini mencapai 300 kali. Salat ini bisa dilakukan kapan saja, baik sebulan sekali, setahun sekali, bahkan sekali seumur hidup. Pada bulan Ramadan,  salat tasbih biasanya dilaksanakan secara berjamaah di sepuluh malam terakhir  untuk mendapatkan lailatul qadar.

Tidak jarang Salah Sunnah Tasbih didilaksanakan pada malam sebelum Idulfitri karena dipercaya pada waktu ini  segala doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Saolat Tasbih merupakan salah satu amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki banyak keutamaan. Lantas, apa saja keutamaannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:5 Manfaat Salat Taubat, Salah Satunya Menghindari Siksa Kubur

Keutamaan Salat Tasbih. Berikut ini penjelasan delapan keutamaan Salat Sunnah Tasbih yang perlu diketahui umat Muslim.

1. Memberatkan Timbangan Amal Baik di Akhirat

Keutamaan pertama dari Salat Tasbih yaitu memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Pada hari akhir nanti, semua umat manusia akan ditimbang amalnya, baik itu amal baik dan buruk.

Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat tasbih agar timbangan amal baiknya lebih berat dari amal buruknya sehingga dapat masuk surga. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yang berbunyi,

“Rasulullah bersabda, ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil adzim.”

2. Menghapuskan Dosa

BACA JUGA:3 Keutamaan Salat Hajat Agar Dikabulkan Keinginan dan Harapan

Setiap umat manusia pastinya pernah berbuat dosa dan kesalahan yang terkadang disadari maupun tidak disadari. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah karena dapat membantu menghapus dosa. 

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan: Subhanallahi wa bihamdihi 100 kali, maka Allah akan menghapuskan kesalahannya meskipun kesalahannya itu sebanyak buih di lautan,’’(HR. Bukhari dan Muslim)

Sumber: