Dukung Caleg Tertentu, Kades di Ogan Ilir tak Takut Sanksi

Dukung Caleg Tertentu, Kades di Ogan Ilir tak Takut Sanksi

Kades Tambang Rambang Aria Prima saat melakukan kampanye Caleg tertentu di desanya. --

Dukung Caleg Tertentu, Kades di Ogan Ilir tak Takut Sanksi

OGAN ILIR, oganilir.co – Sudah menjadi rahasia umum perangkat desa suatu daerah sering ditunggangi calon legislatif untuk memenangkan calon anggota DPRD. Seperti yang  terjadi di Kecamatan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI). 

Kepala Desa Aria Prima dan perangkat desa Tambang Rambang, Kecamatan Rambang Kuang harus berurusan dengan Bawaslu Ogan Ilir karena menjadi tim sukses salah satu caleg asal kecamatan tersebut. 

Salah satu warga Kecamatan Rambanag  Kuang berinisial MH melaporkan perbuatan Kades Tambang  Rambang dan perangkatnya menjadi tim sukses salah satu caleg ke Bawaslu Ogan Ilir, Senin 18 Desember 2023. MH melaporkan dugaan secara masif keterlibatan Kepala Desa dan Perangkat Desa Tambang Rambang sebagai tim sukses salah satu calon anggota legislatif dalam Pemilihan Umum 2024.

BACA JUGA:Jalintim Palembang-Betung Dipenuhi Spanduk Caleg

Laporan yang disampaikan MH tersebut, menyusul beredarnya video ketidaknetralan yang dilakukan Kades Tambang Rambang Aria Prima. Dalam video terlihat, Kades Aria Prima mengumpulkan pekerja KSO, salah satu perusahaan minyak. Lokasi bernama Simpang Empat. Mereka berasal dari Desa Tambang Rambang, Sukananti, dan Tanjung Bulan. Dalam satu kecamatan Rambang Kuang. 

Pengarahan Kades Aria Prima itu terjadi 7 Desember 2023. Didampingi Sekretaris Desa, Adi Sudarata, pertemuan berlangsung malam hari. Mulai pukul 19.30 WIB. Di rumah pribadi Kades di Kampung IV, Desa Tambang Rambang. 

Video berawal, Kades Aria Prima menjelaskan soal pengamanan lokasi Formasi Sumatera Energi di wilayah Desa Tambang Rambang, Kecamatan Rambang Kuang. Daerah itu, memang sering kejadian maling “menggondol” pipa milik Pertamina. Kades merasa bertanggungjawab dengan keamanan lokasi. Dia berjanji akan melindungi warganya yang bekerja di sana. 

BACA JUGA:Baliho Caleg Muratara Roboh Diterjang Angin Kencang

Menariknya, dalam video menit-menit terakhir, kades Aria Prima minta agar para pekerja memilih salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra yang sekarang maju dari Dapil IV untuk kabupaten Ogan Ilir. Dapil IV meliputi Kecamatan Muara Kuang, Rambang Kuang, dan Lubuk Keliat.

Kades yang memang menjadi tim sukses caleg Partai Gerindra itu, secara terang-terangan menyebut kalau dia siap menanggung risiko atas keputusan dan langkah yang dia ambil. Semua statemennya dalam bahasa daerah.

“Nah, ini. Ketika aku behani (berani) ngumong (bicara), berarti akulah (sudah) tau risiko. Tidak jadi masalah. Hidup katek (tidak) masalah, dak bekembang utak (otak) bagi aku. Mental jugo dekde (tidak) betambah. Jadi ketika ado masalah itu, aku ladas (senang). Bukan berarti aku bangga. Nambah wwawasan bagi aku. Urusan itu,” katanya dengan lantang.

BACA JUGA:Jadi Timses Caleg, Camat Muara Telang Banyuasin Dipanggil Inspektorat

Dia juga mengungkap secara lugas permintaannya kepada warga.”Terakhir aku minta tulung (tolong). Khusus yang di Simpang Empat, aku di sini ngusung (mendukung) yang namonyo Nawan, Hernawan. Aku nak minte tulung cucokkan (coblos). Yang KTP-nyo Tambang Rambang, Tanjung Bulan, Sukananti.”

Sumber: