Kades Serigeni Baru Pose dengan Cawapres, ini Kata Camat Kayuagung

Kades Serigeni Baru Pose dengan Cawapres, ini Kata Camat Kayuagung

Aliaman berpose bersama Cawapres Gibran Rakabuming Rama. foto: istimewa--

Kades Serigeni Baru Pose dengan Cawapres, ini Kata Camat Kayuagung

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kepala Desa Serigeni Baru, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Aliaman dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu. Hal ini karena diduga tidak netralitas mendukung salah satu calon wakil presiden RI. Hal ini dibuktikan dari foto yang beredar, sang kades berfoto dengan calon wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka.

Kades Serigeni Baru, Aliaman mengungkapkan, itu acara silaturahmi APDESI di Jakarta  kebetulan saat itu ada salah satu calon wapres yang datang. "Itu acara APDESI  bukan acara memberikan dukungan kepada salah satu calon wakil presiden," kata Aliaman Rabu 22 November 2023.

Sementara itu, Ketua  Asosiasi Kades Seluruh Indonesia, Irawadi menjelaskan, sama sama diketahui ada acara di Jakarta, seluruh kades perangkat desa saat ini masih memperjuangkan terkait nasib RUU Desa yang sampai saat ini belum ada titik terang. Padahal sudah dijanjikan pemerintah masa sidang 2023  akan dibahas segera dan secepatnya. Sampai kemarin belum masuk pembahasan dalam silaturahmi nasional tersebut diskusi lintas nasional menyikapi nasib RUU Desa Perubahan kedua Nomor 6 Tahun 2014 ia berharap seluruh capres dan cawapres hadir.

BACA JUGA:Bupati OKI Lantik 7 Kades Terpilih, Ingatkan untuk Terus Terapkan Gotong Royong Bangun Desa

"Kemarin acara dilakukan dalam pembahasan dalam silaturahmi pihaknya diskusi terkait RUU desa  artinya terkait foto bertemu dengan tokoh nasional pasti akan foto bersama karena mereka tokoh nasional," ujarnya.

Jadi sangat berharap silaturahmi nasional bisa menyampaikan aspirasi nasib desa kedepan. Silaturahmi nasional desa. Dilakukan tiap tahun buka. Deklarasi. "Kami tidak ada satupun melakukan pertemuan apalagi yel-yel. Jadi perlu dipahami, tidak ada pihaknya mendukung salah satu capres manapun," tegasnya.

Dia berharap siapapun capres dan cawapres berharap hadir dalam acara itu dan kebanggaan besar bisa foto bersama. Kalau bicara netralitas kades dalam silaturahmi nasional itu tidak ada dukung mendukung siapapun.

Ketua Bawaslu OKI Romi Romadona mengungkapkan, pihaknya sudah mendengar informasi tersebut tapi belum ada laporan yang masuk terkait soal ini.  Tapi akan dikaji dulu sebelumnya dilakukan pleno kalau memenuhi unsur maka akan diplenokan, apakah nanti ini akan dijadikan temuan baru.

BACA JUGA:Tol Indraprabu Bakal Diresmikan Jokowi? Kades Karangan: Belum Pasti tapi Sudah Ada Rapat

"Kalau ini sudah memenuhi unsur baru dilakukan klarifikasi meminta keterangan dari kades tersebut," kata Romi..

Terpisah, Camat Kayuagung Solahudin menjelaskan, foto Kades Serigeni Baru yang tersebar dan berfoto dengan salah satu calon Wakil Presiden R1 Gibran Rakabuming, pihaknya tidak memerintahkan kades untuk berangkat. Mereka juga yang berangkat ini tidak pamitan dengan camat.

"Keberangkatan Kades Serigeni Baru ke Jakarta atas inisiatif pribadi," tukasnya.

Sumber: