Calon Ketua PWI Sumsel Banyak Peminat, Panitia Konsultasi ke Pusat

Calon Ketua PWI Sumsel Banyak Peminat, Panitia Konsultasi ke Pusat

Panitia menerima pendaftaran calon ketua PWI Sumsel Afdal Azmi Djambak, Rabu 20 Desember 2023. foto: istimewa--

Calon Ketua PWI Sumsel Banyak Peminat, Panitia Konsultasi ke Pusat

PALEMBANG, oganilir.co - Hari terakhir pendaftaran calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel ditutup pada hari ini Rabu 20 Desember 2023 pukul 16.00 WIB. Jika sebelumnya ada lima calon ketua yang mendaftar dengan mengambil formulir dan mengembalikan berkas, namun di hari terakhir pendaftaran bertambah dua calon. Yakni Afdal Azmi Djambak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumsel dan Richard Jo, ketua PWI OKU Selatan.

Dua calon Ketua PWI Sumsel ini mengambil dan melengkapi berkas beberapa jam sebelum pendaftaran ditutup.

Ketua Panitia Pelaksana Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Sumsel Kawar Dante menuturkan bahwa sampai dengan hari terakhir pendaftaran dan pengembalian berkas, tercatat tujuh calon ketua. Yakni Dwitri Kartini, Hadi Prayogo, Syarifuddin Basri, Agus Harizal, Kurnaidi, Afdal Azmi Djambak, dan Richard Joe.

BACA JUGA:Konferprov PWI Sumsel, Panitia Gelar Debat Calon Ketua

"Sebagai panitia kita senang dengan banyak calon ketua PWI. Ini menunjukkan banyak kader di kalangan PWI Sumsel," kata Dante saat dihubungi oganilir.co, Rabu 20 Desember 2023 malam.

Usai pendaftaran ditutup, lanjut Dante, panitia langsung berkonsultasi dengan pengurus PWI Pusat. Karena ada dua calon yang mendaftar yang  persyaratannya harus dikonsultasikan kepada Pengurus PWI Pusat. Yakni mendaftar sebagai calon ketua PWI dan sebagai calon Ketua DKP PWI Sumsel. Satu calon lainnya terbentur persyaratan pendidikan minimal S1 yang dibuat oleh panitia. Sementara dari Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI, syarat calon ketua PWI cukup memiliki ijazah SMA sederajat.

"Biar fair dan adil, kita konsultasikan ke pengurus PWI Pusat. Jangan ada kesan menghambat calon yang mendaftar," ujarnya. 

Keputusannya, tambah Dante, akan diketahui dalam satu atau dua hari ke depan. Karena panitia sudah berkonsultasi dengan pengurus PWI Pusat. "Informasi yang diterima panitia, pengurus PWI Pusat langsung menggelar rapat pada sore tadi (20 Desember 2023)," terangnya. 

BACA JUGA:Dwitri Kartini Serahkan Berkas Pencalonan Ketua PWI Sumsel

Agenda panitia selanjutnya? Dante menjelaskan bahwa berkas calon yang sudah diterima oleh panitia, akan diverifikasi untuk mengetahui beberapa persyaratan jika ada yang belum lengkap disampaikan oleh calon.

"Sesuai agenda, tanggal 21-25 adalah waktu pemeriksaan berkas calon ketua," pungkasnya. 

Calon Ketua PWI Sumsel Periode 2024-2029:

1. Dwitri Kartini

Sumber: