Warga Cengal Serahkan Senpira ke Polsek

Warga Cengal Serahkan Senpira ke Polsek

Niaga (kiri) menyerahkan senpi rakitan kepada petugas Polsek Cengal. foto: istimewa--

Warga Cengal Serahkan Senpira ke Polsek

KAYUAGUNG, oganilir.co -  Niaga mewakili  keluarga korban Sukadam alias Gaber (57),  warga Dusun  Air Putih, Desa Somor, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) selain mengambil motor milik korban yang sudah ditemukan, ia juga menyerahkan secara sukarela senpira laras panjang jenis locok berikut amunisi.

Humas Polres OKI Iptu Hendi Yusrian SKM melalui Kapolsek Cengal Iptu Chandra Kirana SH mengatakan, senpira ini biasanya  digunakan untuk menjaga tambak,  tapi setelah diimbau oleh kapolsek terkait larangan menyimpan, menggunakan dan merakit senpira karena dapat dikenakan UU Darurat No12 Tahun 1951. Penyerahan senpi dilakukan pada Rabu 20 Desember 2023. 

"Jadi senpira beserta amunisi itu diserahkan langsung pada kami," kata Chandra Kirana, Jumat 22 Desember 2023.

Sementara untuk motor Honda Revo CW warna hitam  A 3839 VK milik korban yang ditemukan ini juga diserahkan kepada Niaga setelah pihaknya menerima BKPB sebagai bukti kepemilikan,  kemudian diperlihatkan sepeda motor telah berhasil diamankan.

BACA JUGA:Darah Koboi, Pasutri Lansia Banyuasin Tertangkap Tangan Bawa Senpi

Ini  untuk memastikan kalau sepeda motor tersebut memang milik Sukadam alias Gaber yang telah hilang dan dari keluarga korban membenarkan kalau sepeda motor tersebut adalah milik korban yang sebelumnya telah hilang.

"Motor itu hilang sejak 13 Juli 2023 pukul 13.00 WIB," ujarnya.

Pelaku mendatangi korban di rumahnya yang ketika itu baru selesai mengurus tambak dengan tujuan untuk meminjam sepeda motor, dengan alasan pelaku untuk menukar tabung gas elpiji. Lalu sepeda motor tersebut dipinjamkan oleh korban karena mereka berdua sudah saling mengenal,  sehingga tidak ada rasa curiga. Antara korban dan pelaku juga sama-sama bekerja sebagai penjaga tambak di Dusun Air Putih.

Tetapi setelah itu pelaku bersama sepeda motor yang dipinjamnya dari korban tidak kembali lagi. Korban juga bersama dengan warga sudah berusaha mencari keberadaan pelaku dan sepeda motornya akan tetapi tidak berhasil menemukannya.

BACA JUGA:Bagaimana Status Kepemilikan 12 Senpi di Rumah Mantan Mentan? ini Kata Bareskrim

Beruntung  pada  Kamis  14 Desember 2023 pukul 20.00 WIB ia  dan Kanit Reskrim serta personel, mendapat informasi dari korban serta warga terkait adanya kejadian penggelapan sepeda motor, dan  langsung mencari  keberadaan sepeda motor itu.

"Didapatkan informasi kalau sepeda motor itu berada di Desa Cengal dan Sabtu 16 Desember 2023 pukul 14.00 WIB sepeda motor tersebut berhasil ditemukan dan langsung diamankan ke Polsek Cengal," ujarnya.

Kemudian ia langsung memerintahkan Kanit Reskrim menghubungi pihak korban untuk datang ke Polsek Cengal.  Tetapi korban berhalangan hadir dengan alasan jarak tempuh yang jauh dari rumah korban menuju Polsek Cengal sekitar 8 jam perjalanan.

Sumber: