Jelang Nataru, Kenali ini 4 Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibakar

Jelang Nataru, Kenali ini 4 Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibakar

--

Jelang Nataru, Kenali ini 4 Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibakar

oganilir.co - Berbagai jenis bahan makanan yang disajikan dengan cara dibakar memang dapat memiliki cita rasa enak dan mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera.

Apalagi tahun baru sudah di depan mata, dalam menyambut pergantian tahun biasanya banyak masyarakat merayakan dengan kembang api, terompet dan makanan yang dibakar.

Beberapa makanan yang dibakar pasti selalu ada seperti jagung bakar, ikan bakar, iga bakar, kambing guling, bebek bakar, steak atau daging bakar, ayam bakar dan olahan sate.

Namun tahukah kamu ternyata jika mengkonsumsi makan-makanan yang dimasak dengan cara dibakar secara berlebihan, dapat menimbulkan serta memicu beragam bahaya yang mengancam kesehatan.

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bantu Atasi Batu Ginjal

Berikut ini 3 bahaya mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara dibakar secara berlebihan.

1. Memicu diabetes mellitus

Saat dibakar makanan akan menghasilkan suatu zat yang disebut advance glycation end products (AGEs). 

Tingkatan yang lebih tinggi dari AGEs bisa dikaitkan dengan resistensi insulin, stres pada sel-sel tubuh dan peradangan dimana kondisi ini bisa memicu risiko diabetes tipe 2.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Mengkudu Bagi Kesehatan, Wanita Wajib Tahu

Insulin adalah hormon yang membantu gula darah dari makanan masuk ke dalam sel untuk berubah jadi energi yang mana tanpa adanya insulin, gula bisa mengendap dalam darah.

Nah kondisi inilah yang dapat memicu masalah kesehatan yang serius pada jantung, mata dan ginjal serta organ tubuh lain.

2. Asam lambung

Sumber: