Ini 5 Adab Minum Sebagaimana Sunnah Nabi Muhammad SAW

Ini 5 Adab Minum Sebagaimana Sunnah Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi. foto: dendi romi/oganilir.co--

Ini 5 Adab Minum Sebagaimana Sunnah Nabi Muhammad SAW

oganilir.co - Islam mengajarkan kepada umatnya segala hal. Mulai dari adab makan, minum, sampai amalan untuk mendidik anak menjadi keturunan saleh dan saleha. 

Adab makan dan minum juga diatur Islam sedemikian rupa. Ada aturan dan adab yang harus diperhatikan. Saat makan dan minum merupakan teladan yang berarti sunnah dari Nabi Muhammad SAW. 

Adab minum sesuai anjuran Rasulullah SAW berkaitan dengan tindakan dan doa ketika minum. Adab minum bertujuan agar minuman yang dikonsumsi bermanfaat bagi tubuh manusia. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan kesehatan, di mana minuman tersebut nantinya akan bermanfaat untuk tubuh.

Berikut 5 adab minum yang baik menurut Islam.

BACA JUGA:Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam, ini Penjelasannya

Adab Minum dalam Islam

1. Sebelum minum membaca basmalah

Dalam Islam sendiri telah diajarkan bahwa ketika akan memulai sesuatu hendaknya dengan membaca bismillah. Termasuk sebelum kita minum air, harus mengawalinya dengan doa atau kalimat Allah. Seperti dalam hadis dijelaskan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika mulai minum pertama baca Bismillah," (HR. Tirmidzi).

2. Menggunakan tangan kanan

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

BACA JUGA:4 Nabi Dalam Islam Masih Hidup, ini Kisahnya

Sumber: