Sepakat Mufakat, Pencuri Walet Berakhir RJ

Sepakat Mufakat, Pencuri Walet Berakhir RJ

Pencuri walet berakhir restoratif justice--

Sepakat Mufakat, Pencuri Walet Berakhir RJ

KAYUAGUNG, oganilir.co - Tindak pidana pencurian sarang burung walet yang terjadi Dusun II Desa Kuala Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kabupaten OKI, yang terjadi pada hari Kamis tanggal pukul 15.30 WIB berakhir dengan restoratif justice (RJ)

Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto SH SIK didampingi Humas ,Iptu Hendi Yusrian melalui Kapolsek Cengal,Iptu Chandra Kirana SH menegaskan, 

kedua belah pihak yakni korban Arbali berhalangan hadir dan memberi kuasa kepada adik kandungnya Asun. Kemudian pelaku Saleh pada Senin (25/12)."Keduanya telah sepakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara mufakat dan berdamai secara kekeluargaan," bebernya Selasa 26 Desember 2023.

Ditambahkannya,kronologis kejadian pada Kamis (30/11) pukul 15.30 WIB. Pelaku masuk kedalam rumah sarang burung walet dengan cara merusak lantai rumah yang terbuat dari kayu dilapisi dengan karpet warna hitam.

BACA JUGA:Kabupaten OKI Punya Water Boom, Pilihan Warga Palembang untuk Mencoba Wahana Baru

Kemudian pelaku masuk kedalam rumah sarang burung walet tersebut, selanjutnya pelaku mengambil 11 sarang burung walet. Setelah itu pelaku menjualkan sarang burung walet yang dicurinya kepada Romi.

Karena merasa curiga Romi bertanya pada pelaku perihal sarang burung walet yang dapatkan dari mana karena." Setahu Romi Pelaku tidak memiliki rumah sarang burung walet. Tapi pelaku menjawab sarang burung walet itu didapatkannya dari Sidin," imbuhnya.

Selanjutnya Romi menimbang sarang burung walet itu. Setelah ditimbang sarang burung walet beratnya 93 gram dan dibayar Romi dengan uang tunai sebesar Rp625.000.

Pelaku pun langsung pulang ke rumahnya. Tak percaya begitu saja Romi pun menghubungi Sidin untuk memastikan kebenaran sarang burung walet itu apakah benar pelaku mendapatkannya dari Sidin. Namun setelah ditanya kepada Sidin ia tidak memberikannya kepada Jaka.

BACA JUGA:Kapolres Ogan Ilir Cek Personil dan PAM Nataru 2023-2024

Setelah mendengar jawaban Sidin, Romi langsung memberitahu Ketua RT bernama Taman, bahwa ia telah membeli sarang burung walet tersebut diduga merupakan hasil curian.

Pelak sempat diamankan di Polsek cengal untuk dimintai keterangan yang saat itu berada di rumahnya Desa Kuala Sungai Jeruju. Jarak tempuh dari Polsek kurang lebih 3 jam dengan menggunakan speed.Mudah-mudahan kedepan pelaku ini tidak lagi mengulang perbuatannya, sehingga tidak mengganggu kamtibmas di wilayahnya.

Sumber: