Capaian Kinerja BNNK Prabumulih Nyaris Sempurna

Capaian Kinerja BNNK Prabumulih Nyaris Sempurna

Kepala BNN Kota Prabumulih, AKBP Pauzia--

Capaian Kinerja BNNK Prabumulih Nyaris Sempurna

PRABUMULIH, oganilir.co - Sepanjang tahun 2023, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Prabumulih berhasil mendapatkan capaian kinerja yang sangat tinggi. Bahkan, dilihat dari nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) BNN Kota Prabumulih nyaris sempurna.

Kepala BNN Kota Prabumulih, AKBP Pauzia merincikan capaian program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) sepanjang tahun 2023, belum lama ini.

Dimulai dari program dan capaian pencegahan dan pemberdayaan masyarakat (P2M) terdiri dari pembentukan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di tahun 2023 ada 2 Desa dari target 2 Desa. "Ada di Desa Karangan dan di Kelurahan Wonosari," sebutnya.

Selain itu, untuk capaian ketahanan diri remaja, keluarga dan Indeks Kemandirian Partisipasi masing-masing indek kemandirian remaja dari target 51 persen tercapai 56,42 persen (tinggi). Indeks kemandirian keluarga dari target 78,69 persen tercapai 86,786 persen (sangat tinggi) dan indeks kemandirian partisipasi target 3,25 persen tercapai 3,874 persen (sangat tinggi).

BACA JUGA:Hujan Deras, Warga Kota Prabumulih Kebanjiran, ini Lokasinya

"Di bidang rehabilitasi di tahun ini ada 23 klien yang dibagi menjadi rawat jalan 15 orang dan rawat inap 8 orang dimana 5 orang diantaranya pengajuan sukarela yang dirujuk ke Palembang, Lampung dan Muara Enim," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pauzia juga menyebutkan untuk tes urine semuanya sudah mencapai target yakni 200 orang untuk tes urine DIPA dan 527 orang tes urine non DIPA dan lainnya sehingga kalau dijumlahkan secara keseluruhan lebih dari 2.939 orang tes urine di tahun 2023.

Mengapa tes urine sangat banyak? Pihaknya menyebutkan itu semua tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota melalui Dinkes (Dinas Kesehatan) Prabumulih sehingga digunakan untuk kegiatan deteksi terhadap masyarakat dan pegawainya.

"Sejauh ini tes urine sudah dilakukan di inspektorat, Dishub, DKOP, Kesbangpol, Dinas Pertanian, dan seluruh Kepala Desa dimana hasilnya masih baik dan dari yang dilaksanakan tersebut tidak ada yang positif tapi memang dari yang dilaksanakan itu masih sampel dan tidak seluruhnya," sebutnya berharap kedepan tes urine diadakan secara rutin dan berkala.

BACA JUGA:Pelaku Pencurian Baterai Mobil Ditangkap Team Opsnal Beruang Madu Polsek Prabumulih Barat

Sementara itu, di Bidang Berantas pihaknya berhasil melakukan tindak pidana narkotika dari target 1 LKN (Laporan Kasus Narkotika) diselesaikan 3 LKN dengan jumlah 4 tersangka dengan Barang-Bukti inek 3 butir dan sabu 3,51 gram. "Dibandingkan tahun sebelumnya terjadi peningkatan tapi tidak terlalu signifikan, karena jumlah LKN nya sama," tukasnya. 

Sumber: