Gunung Lewotobi Erupsi, Wings Air Tunda 5 Jadwal Penerbangan

Gunung Lewotobi Erupsi, Wings Air Tunda 5 Jadwal Penerbangan

Gunung Lewotobi Laki-Laki mengalami erupsi.--

Gunung Lewotobi Erupsi, Wings Air Tunda 5 Jadwal Penerbangan

FLORES TIMUR, oganilir.co - Erupsi yang terjadi pada Gunung Lewotobi Laki-Laki mulai mengganggu jadwal penerbangan pada bandara.

Maskapai Wings Air harus menunda lima penerbangan usai otoritas penerbangan menutup Bandara Frans Seda akibat erupsi gunung tersebut.

"Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Group mengumumkan penundaan sementara operasional penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Frans Seda di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (MOF)," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, kepada wartawan, Selasa 2 Januari 2024.

BACA JUGA:Gunung Semeru Kembali Erupsi, Status Siaga

Kata Danang, penundaan sementara jadwal penerbangan yang dilakukan, demi keselamatan dan keamanan penerbangan penerbangan. Penundaan penerbangan dilakukan juga karena adanya pemberitahuan resmi dari otoritas penerbangan sipil.

"Sebagai langkah mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first) sesuai pemberitahuan resmi otoritas penerbangan sipil bahwa bandar udara ditutup hingga Selasa (2 Januari 2024) pukul 11.35 WITA, dikarenakan dampak erupsi Gunung Lewotobi," ucap Danang.

Dia mengatakan seluruh penumpang Wings Air yang terdampak diberi opsi untuk mengubah jadwal penerbangan menurut ketentuan yang berlaku. Dia mengatakan penundaan penerbangan ini disebabkan oleh keadaan force majeure alias peristiwa yang tidak dapat diprediksi atau dicegah di luar kemampuan perusahaan.

BACA JUGA:Gunung Lewotobi Erupsi, ini Himbauan BPBD Flores Timur

Berikut daftar penerbangan yang terdampak oleh penutupan sementara bandar udara tersebut, sebagai berikut:

1 Januari 2024

Nomor penerbangan IW-1961 Labuan Bajo (LBJ)-Maumere (MOF)

Nomor penerbangan IW-1960 Maumere (MOF)-Labuan Bajo (LBJ)

Nomor penerbangan IW-1829 Kupang (KOE)-Maumere (MOF)

Sumber: