Tali Penarik Putus, Tongkang Batu Bara Hantam Dermaga 7 Ulu Palembang

Tali Penarik Putus, Tongkang Batu Bara Hantam Dermaga 7 Ulu Palembang

Kondisi Dermaga 7 Ulu setelah dihantam tongkang bermuatan batu bara, Selasa 2 Januari 2024. foto: budiman SEG--

Tali Penarik Putus, Tongkang Batu Bara Hantam Dermaga 7 Ulu Palembang

PALEMBANG, oganilir.co - Hilir mudik tongkang pengangkut batu bara yang melintas di Sungai Musi wilayah Palembang rentan menabrak fasilitas umum yang ada di sungai tersebut. Terbaru, sebuah tongkang yang mengangkut ratusan atau ribuan ton batu bara menghantam Dermaga 7 Ulu Palembang. Kapal tongkang tersebut melaju dari arah Gandus menuju Jembatan Ampera.

Insiden tersebut terjadi, Selasa 2 Januari 2024 sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, dermaga 7 Ulu mengalami kerusakan berat. Akibat kejadian itu, kawasan Kampung Kapitan juga turut merasakan dampak dari insiden itu.

Tongkang bermuatan batu bara tersebut menghantam Dermaga 7 Ulu karena putusnya tali penarik kapal tugboat penarik tongkang. Kapal tongkang terseret arus sungai dan menghantam dermaga di tepi sungai.

BACA JUGA:KPK Tetapkan Sarimuda Tersangka Korupsi Angkutan Batu Bara Senilai Rp 18 Miliar

Upaya evakuasi berhasil membawa tongkang batu bara ke kawasan Gandus Palembang. Beruntung saat kejadian, dermaga dalam keadaan sepi sehingga tidak menyebabkan korban jiwa. 

Meski begitu, beberapa kapal pembawa batu bara tetap melintas di Sungai Musi, menunjukkan aktivitas normal setelah kejadian yang cukup menggemparkan ini.

 

Sumber: