96 Pasangan Gaek, Kenakan Pakaian Pengantin

96 Pasangan Gaek, Kenakan Pakaian Pengantin

96 Pasangan Istbat Nikah kenakan pakaian pengantin --

96 Pasangan Gaek, Kenakan Pakaian Pengantin

OGANILIR.CO- Ada yang berbeda pada perayaan menyemarakkan  2 dekade Kabupaten Ogan Ilir .  Di Gedung Caram Seguguk KTP Tanjung Senai Indralaya Selasa 9 Januari 2024.

Para peserta  yang mengikuti Istbat Nikah  6-7 Desember 2023 lalu, tampil mengenakan pakaian pengantin dengan berbagai warna dan corak budaya yang dikenakan.

Meski tergolong pasangan gaek, mereka tanpa sungkan, risih atau malu, justru terlihat “Pede” alias percaya diri, terkhusus tiga pasangan yang duduk di Pelaminan.

BACA JUGA:Pentingnya Itsbat Nikah , Berpengaruh Status Perkawinan

“Hari ini pasangan pengantin lama, yang mengikuti istbat nikah 6-7 Desember 2023 lalu, sengaja kita undang dengan mengenakan pakaian pengantin,’’kata Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Ogan Ilir Zaidan Sukarno SSos MSi.

Dijelaskan Zaidan,  Jumlah peserta pasangan pengantin lama ini, saat mengikuti Istbat nikah jumlahnya 100 pasangan ,’’Namun saat mengikuti Istbat nikah, dari 100 orang, 4  pasangan gugur, salah satu penyebabnya tidak ada bukti akta cerai saat perkawinan pertama, untuk melaksanakan perkawinan kedua,’’kata Zaidan.

 Dikatakan Zaidan, pasangan pengantin lama ini, akan menerima buku nikah, akta nikah , akta kelahiran dan dokumen lainnya .

BACA JUGA:Sempat Pakum 2 Tahun, Pemkab Ogan Ilir Kembali Gelar Itsbat Nikah

Masih kata Zaidan, kegiatan Istbat nikah ini kerjabareng dengan Pengadilan Agama (PN) Kayuagung, dan Kementrian Agama Kabupaten Ogan Ilir .

Sementara salah satu peserta pengantin bernama Sudirman diberikan kesempatan untuk menyampaikan suara hari,’’Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang sudah melaksanakan Isbat Nikah, sehingga kami sekarang sudah mempunyai buku dan akta nikah, yang selama ini kami impikan,’’kata Sudirman.

Wakil Bupati (Wabup) Ogan Ilir H Ardani SH MH  mengatakan, istbat nikah yang dilaksanakan ini  yang pertama pasca wabah covid 19 , yang sempat pakum selama 3 tahun, sehingga bisa dilaksanakan kembali  pada 6-7 Desember 2023 lalu.

BACA JUGA:Irma Darmawangsa Segera Menikah, ini Buktinya

“Saya berharap istbat Nikah ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun 2024, tentu kuotanya harus ditambah, paling tidak 200 hingga 300 pasangan,’’pintanya 

Sumber: