Ini Profil PM Prancis Baru Berusia 34 Tahun

Ini Profil PM Prancis Baru Berusia 34 Tahun

Gabriel Attal.--

oganilir.co - Prancis punya Perdana Menteri (PM) baru. Dia adalah Gabriel Attal yang ditunjuk oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron menggantikan Elisabeth Borne. Gabriel Attal yang diangkat sebagai Perdana Menteri Prancis dalam usia 34 tahun berhasil menjadi kepala pemerintahan termuda di negara tersebut.

Berdasarkan laporan media Prancis Femme Actuelle, Rabu 10 Januari 2024, Attal merupakan sosok pemimpin muda dengan kekayaan yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari laporan kekayaannya yang diberikan kepada lembaga Haute autorité pour la transparence de la vie publique (Otoritas Tinggi Transparansi Kehidupan Publik).

Gabriel Attal terakhir kali melaporkan kekayaannya pada November 2022 lalu. Saat itu dirinya mengaku memiliki harta lebih dari 1,6 juta euro atau setara dengan Rp27,2 miliar (kurs Rp17.000/euro).

BACA JUGA:Taklukkan Toulouse, PSG Juara Piala Super Prancis 2023

Secara rinci kekayaan itu terbagi menjadi beberapa aset berupa 1,5 juta euro (Rp25,5 miliar) dalam bentuk kontrak asuransi jiwa, uang tunai 61.000 euro (Rp1,03 miliar) dalam rekening giro di Société Générale, dan hampir 70.000 euro (Rp1,19 miliar) dalam bentuk tabungan rencana kepemilikan rumah.

Di luar itu ia juga tercatat tidak memiliki aset properti. Pada saat yang sama, Gabriel Attal tercatat memiliki utang sebesar 670.000 euro (Rp11,39 miliar) yang diambil pada tahun 2017.

Karier politik Gabriel Attal dimulai saat ia bergabung dengan Partai Sosialis ketika berusia 17 tahun. Ia menjadi terkenal dalam politik Prancis setelah ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah selama pandemi COVID-19.

BACA JUGA:Penumpang Gelap Nyelip di Roda Pesawat Penerbangan Aljazair-Prancis, Bagaimana Nasibnya?

Gabriel Attal kemudian ditunjuk sebagai menteri junior di Kementerian Keuangan dan kemudian Menteri Pendidikan pada tahun 2023, hal itu menjadikan dirinya sebagai salah satu menteri kabinet Macron yang paling cerdas dan komunikator yang lancar.

 

Sumber: