Burung Tersedot Mesin Pesawat Sempat Timbulkan Percikan Api

Burung Tersedot Mesin Pesawat Sempat Timbulkan Percikan Api

Ilustrasi.--

Burung Tersedot Mesin Pesawat Sempat Timbulkan Percikan Api

oganilir.co - Burung yang terbang selalu menjadi masalah terhadap pesawat komersil. Penerbangan bisa terganggu gara-gara burung tersedot masuk ke mesin, seperti pesawat ini.

Dilansir dari Korean Herald pada Kamis 11 Januari 2024, sebuah penerbangan T'Way sempat membuat panik Bandara Incheon. Maskapai low cost carrier asal Korea itu berhadapan dengan seekor burung.

Penerbangan TW216 dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Narita di Tokyo dan tiba di Incheon pukul 21.28 waktu setempat.

Saat pesawat sedang landing, tiba-tiba saja seekor burung tersedot ke salah satu mesin pesawat. Pilot berkata akan membatalkan pendaratan sementara, namun akhirnya mendarat sempurna sekitar 13 menit kemudian.

BACA JUGA:Tabrakan Pesawat di Bandara Haneda, Garuda Pastikan Penerbangan Rute Tokyo tak Terganggu

Kejadian itu membuat percikan kecil di mesin pesawat. Petugas pemadam kebakaran dikirim ke landasan pacu saat otoritas bandara menerima laporan adanya kebakaran.

Beruntung, para pejabat tidak menemukan kebakaran. Seluruh penumpang yang berjumlah 122 orang selamat tanpa mengalami luka.

"Pihak maskapai akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat tersebut," kata pejabat T'Way.

Korea Selatan memiliki catatan serangan burung yang cukup signifikan. Dari tahun 2019 sampai Oktober 2023, ada 500 serangan burung yang dicatat oleh Korea Airports Corporations dan Bandara Internasional. Dalam enam kasus, penerbangan terpaksa dialihkan kembali ke bandara asalnya.

 

Sumber: