Surabaya Punya 3 Destinasi Wisata Mangrove, ini Lokasinya

Surabaya Punya 3 Destinasi Wisata Mangrove, ini Lokasinya

Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya.--

Surabaya Punya 3 Destinasi Wisata Mangrove, ini Lokasinya

SURABAYA, oganilir.co - Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ternyata memiliki destinasi wisata Mangrove. Selama ini khalayak ramai menyebut Surabaya identik dengan destinasi wisata bangunan tua. 

Destinasi wisata Mangrove yang dimiliki Surabaya memiliki keindahan yang tidak kalah dengan kabupaten/kota di kawasan laut.

Wisata Mangrove di Surabaya ini wajib untuk dikunjungi karena masih asri dan sangat menarik. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati wisata Mangrove di Surabaya, ini tiga lokasinya. 

1. Ekowisata Mangrove Wonorejo

BACA JUGA:Sepanjang 2023, 22 Anggota IDI Surabaya Jadi Guru Besar

Mangrove Wonorejo sebagai area ekowisata yang merupakan wilayah konservasi Hutan Bakau memiliki luas sekitar 200 hektare yang berlokasi di Surabaya Timur. Ekowisata Mangrove Wonorejo sudah dipastikan memiliki fungsi yang sangat penting untuk kota Surabaya, karena secara geografis dan ekologis memiliki banyak manfaat.

Fungsi dari mangrove tersebut adalah untuk mencegah ancaman adanya intrusi air laut, selain itu Mangrove dijadikan sebagai rumah bagi ratusan burung yang bermigrasi. Area Mangrove Wonorejo selain memiliki keindahan alam, juga terdapat area jogging sepanjang sekitar 1 km.

2. Mangrove Gunung Anyar

Mangrove Gunung Anyar terletak di Surabaya Timur dengan luas mencapai 25 hektare. Area ini memiliki berbagai fasilitas yaitu jogging track sepanjang 630 m, wisata perahu, menara pantau setinggi 12 meter, spot foto, dan berbagai macam fasilitas menarik lainnya. Di sini juga ada program pembelajaran yaitu penanaman dan pembibitan mangrove sebagai bentuk pelestarian dan pencegahan abrasi.

BACA JUGA:Pesta Miras Personel Band di Bar Vasa Hotel Surabaya, Minuman Alkohol Dibeli dari Bartender

3. Mangrove Medokan Sawah

Di Surabaya juga terdapat area wisata Kebun Raya Mangrove Medokan Sawah dengan luas sekitar 16 hektare. Bahkan, Mangrove Medokan Sawah ini direncanakan menjadi Kebun Raya Mangrove Surabaya. Area wisata pastinya akan membuat nyaman setiap pengunjung dengan beragam fasilitas yang tersedia.

Fasilitas yang disediakan di Mangrove Medokan Sawah yaitu spot foto menarik yang berasal dari akar Mangrove dan ranting bambu, serta wisata air dengan sistem pembayaran yang unik. Bukan hanya itu, setiap pengunjung juga bisa membeli 2 bibit Mangrove ke petani dan kemudian ditanam.

Sumber: