Catat, ini 50 Negara Termiskin di Dunia, Salah Satunya Bekas Wilayah Indonesia

Catat, ini 50 Negara Termiskin di Dunia, Salah Satunya Bekas Wilayah Indonesia

Dili, ibu kota Timor Leste.--

Catat, ini 50 Negara Termiskin di Dunia, Salah Satunya Bekas Wilayah Indonesia 

oganilir.co - Selama ini banyak media memberitakan negara-negara terkaya di dunia yang diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita terendah. PDB merupakan indikator ekonomi yang mengukur nilai barang dan jasa yang diproduksi suatu negara selama periode tertentu.

Bagi Anda yang penasaran negara mana saja di dunia miskin akan diulas berikut. Semakin miskin suatu negara, semakin rendah PDB-nya. Sayangnya, kemiskinan masih menjadi tantangan global dengan sekitar 8 persen populasi dunia yang hidup dalam kemiskinan ekstrem. Itu berarti masyarakat berpenghasilan kurang dari USD 2,15 dolar per hari atau setara dengan Rp33.572 per harinya.

Di dunia, negara-negara termiskin sebagian besar berada di Afrika dan Asia. Yaitu, Burundi menjadi negara termiskin dan diikuti Somalia, Mozambik, Republik Afrika Tengah, dan Madagaskar.

BACA JUGA:Wow! Kades di OKI Bangun Kantor Desa Senilai 1,6 Miliar Tanpa Duit Negara

Negara-negara tersebut berada di Afrika Sub-Sahara. Di sana kemiskinan tersebar luas karena faktor-faktor seperti ketidakstabilan politik, korupsi, kurangnya infrastruktur, dan buruknya akses terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Di Asia, negara-negara termiskin adalah Yaman, Tajikistan, dan Myanmar. Di kawasan itu kemiskinan dipicu konflik politik dan ketidakstabilan ekonomi.

Berikut urutan 50 negara termiskin yang dilansir dari Wise Voter:

1. Burundi

2. Somalia

3. Mozambique

4. Central African Republic

5. Madagascar

6. Sierra Leone

Sumber: