Gunakan Helikopter, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Banjir Muratara

Gunakan Helikopter, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Banjir Muratara

Agus Fatoni meninjau banjir di Muratara, Jumat 19 Januari 2024. Foto: zulkarnain SEG--

Gunakan Helikopter, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Banjir Muratara

MURATARA, oganilir.co - Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni, sambangi wilayah terdampak banjir, sekaligus menyerahkan bantuan ke  Kabupaten Muratara.

Jumat 19 Januari 2024 sekitar pukul 12.20 WIB, Pj Gubernur Sumsel datang menggunakan helikopter dan langsung meninjau lokasi terdampak di Desa Lesung Batu, Kecamatan Rawas ulu, Kabupaten Muratara.

Informasi dihimpun, Bupati Muratara H Devi Suhartoni dalam laporannya menyampaikan bahwa banjir di kabupaten Muratara, sempat melumpuhkan aktivitas dan perekonomian warga selama 5 hari, akibat banjir luapan.

BACA JUGA:Banjir tak Surutkan Langkah Anak-Anak di Rantau Bayur Sekolah

"57 desa terendam banjir, 6 jembatan putus, ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Kami dengan tim PU akan bahu membahu, menuntaskan jembatan itu," ungkap H Devi Suhartoni.

Bupati juga menyampaikan, akan melakukan peninjauan ke Desa Lesung batu, "Saya terima kasih ke Gubernur Provinsi Sumsel. Saya melapor disaat posisi memang sangat genting. Saya terima kasih gubernur sudah membantu kami," ucapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni menyampaikan, dirinya hadir secara langsung ke Muratara beserta rombongan Pemprov Sumsel, untuk melihat secara langsung wilayah Muratara yang terdampak banjir.

BACA JUGA:Gunakan Perahu, Pj Bupati Muba Berikan Bantuan Korban Banjir

"Kita bersilaturahmi, kami ingin melihat secara dekat dan merasakan apa yang dirasakan warga kita rasakan di Muratara. Selain melihat lokasi di sini kita juga akan gulirkan bantuan. sebelumnya juga memang sudah ada bantuan, berupa pangan, pakaian, tenaga medis dan tenaga BPBD," ucapnya.

Ini merupakan bentuk bersama dalam menghadapi bencana, semua pihak harus siaga bencana, setelah antisipasi, penanganan dan pascanya juga harus di atasi. 

"Ujian dan cobaan bisa datang dari mana saja, tapi kita harus tetap siaga dan bersabar, dalam menghadapinya," katanya singkat.

Data dari BPBD Kabupaten Muratara, ada 23.161 rumah warga terdampak, dengan kategori 2 hanyut, 11 rusak berat, 10 rusak ringan, 23.136 terendam.

BACA JUGA:Banjir di Musi Rawas Utara, Kapolda Sumsel Kirimkan Tim SAR

Sumber: