Unsri-Polda Sumsel Sepakati Perpanjang Kerja Sama

Unsri-Polda Sumsel Sepakati Perpanjang Kerja Sama

Taufiq Marwa bersama Rachmad Wibowo menandatangani nota kesepahaman, Selasa 23 Januari 2024. foto: humas unsri--

Unsri-Polda Sumsel Sepakati Perpanjang Kerja Sama

PALEMBANG, oganilir.co - Universitas Sriwijaya (Unsri) mengembangkan sayapnya melakukan kerja sama dengan instansi vertikal. Kerja sama yang dilakukan tak hanya sesama perguruan tinggi atau Pemerintah Daerah. 

Kali ini Unsri melakukan kerja sama dengan Polda Sumsel. Unsri dan Polda Sumsel sepakat menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) tentang kegiatan bantuan pengamanan, penegakan hukum, pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK di Ruang Vicon Gedung Utama Presisi Polda Sumsel Palembang, Selasa 23 Januari 2024.

BACA JUGA:Unsri-Universitas Sjakyakirti Tandatangani Nota Kesepahaman

Adapun ruang lingkup kerja sama yaitu, bantuan pengamanan; program pendidikan lanjutan (tugas belajar) bagi anggota Kepolisian Daerah Sumatera Selatan; kerja sama penelitian dan pengabdian di bidang hukum dan bidang lainnya demi terwujudnya kesadaran hukum bagi masyarakat serta meningkatkan profesionalisme anggota Polri; dan program pelatihan tertentu bagi para pihak.

Rektor Unsri Taufiq Marwa mengatakan bahwa kedatangannya ke Polda Sumsel untuk melanjutkan kerja sama yang selama ini sudah terjalin sangat baik. 

"Saya atas nama pimpinan Universitas Sriwijaya menyampaikan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Kapolda dan jajaran yang telah bersedia menerima kami disela-sela kesibukannya. Kami yakin pak Kapolda sudah memahami, banyak hal yang sudah diberikan pihak Polda Sumsel kepada Universitas Sriwijaya, terutama sesuai tugas dan fungsi kepolisian diantaranya kami telah dibantu untuk pengamanan objek vital Universitas Sriwijaya, atas bantuan ini kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Taufiq Marwa.

BACA JUGA:374 Mahasiswa FKIP Unsri Ikuti Orientasi PPG

"Demikian juga kami di lembaga pendidikan yang mempunyai tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengajaran alhamdulillah juga sudah bergandengan tangan dengan pihak kepolisian untuk menjalankan fungsi kami tersebut. Harapannya mudah-mudahan ke depan dengan kerjasama ini kita bisa memberikan sumbangsih, sekali lagi terima kasih atas penerimaannya mudah-mudahan penandatanganan nota kesepahaman ini bisa berjalan dengan baik dan bisa ditindak lanjuti."

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo menyambut baik perpanjangan kerja sama yang sudah terjalin dengan Unsri. Dalam sambutannya, ia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pada seluruh elemen masyarakat. 

"Kami juga menerima segala masukan, mungkin pelayanan kami masih banyak yang belum memuaskan tapi yang paling penting dari MoU ini adalah niat dari pemilik objek untuk mengamankan objeknya sendiri. Makanya kita ada community policing, kita mempolisikan masyarakat, dan itu sudah mulai hilang. Dulu kita ada pos ronda, sekarang pos ronda sudah jarang, dulu kita lihat tamu lebih dari 1x24 jam lapor, sekarang itu sudah tidak ada lagi. community policing, jadi masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan pemolisian di lingkungannya masing-masing," ujar Rachmad Wibowo.

BACA JUGA:SMAN 1 Timpeh Dharmasraya Kunjungi Unsri, Ubah Mindset Siswa Tentang Dunia Kampus

Penandatanganan MoU turut dihadiri Karo OPS, Karo SDM, Dir Pam Obvit, Kabid Kum, dan Kabid Humas di lingkungan Polda Sumsel, sementara dari Unsri dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Ka BUK, Ka BPHM, dan Ketua UPT KLI Unsri. (ril)

Sumber: