Perbaiki Jalan, Polsek Cengal Manfaatkan Bongkahan Aspal Bekas

Perbaiki Jalan, Polsek Cengal Manfaatkan Bongkahan Aspal Bekas

Perbaikan jalan Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI. --

Perbaiki Jalan, Polsek Cengal Manfaatkan Bongkahan Aspal Bekas

KAYUAGUNG, oganilir.co - Aksi gotong royong dilakukan jajaran Polisi Sektor (Polsek) Cengal, Polres Ogan Komering Ilir (OKI) bersama masyarakat dan Pemerintah Desa Kebon Cabe, Balam Jeruju, dan Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal untuk mengatasi kerusakan ruas Jalan Cengal-Sungai Jeruju, Rabu 24 Januari 2024.

Anggota Polsek Cengal bersama warga melakukan penimbunan jalan menggunakan bongkaran aspal atau ex scrapp berasal dari limbah hasil pemeliharaan jalan tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung.

"Bersama masyarakat anggota kita bergotong royong melakukan upaya perbaikan sementara seperti melakukan penimbunan spot-spot jalan yang rusak serta membuat saluran air/parit jalan agar supaya air tidak menggenang di badan jalan ketika hujan turun dengan menggunakan alat berat  yang akan melintas," kata Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto SH SIK.

BACA JUGA:Jumat Curhat Polsek Cengal, Warga Minta OT Sampai Malam, ini Jawaban Kapolsek

Selain memperbaiki jalan, tambah Hendrawan, gotong-royong ini bagian upaya menjalin kekompakan serta silaturahmi untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama tahapan Pemilu 2024. 

"Warga diharapkan dapat berperan aktif mengatasi persoalan seperti jalan rusak serta bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pemilu," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten OKI bersama PT Hutama Karya dan perusahaan perkebunan di Kabupaten OKI melakukan kerja sama pemanfaatan limbah jalan berupa bongkaran tol, atau aspal ex scrapp hasil pemeliharaan jalan aspal, untuk dimanfaatkan kembali dalam rangka perbaikan jalan rusak di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

BACA JUGA:Warga Cengal Serahkan Senpira ke Polsek

Bongkaran aspal atau ex scrapp tersebut berasal dari limbah hasil pemeliharaan jalan tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung pada KM 269 B dan 253 B. Dalam kerja sama tersebut, perusahaan sekitar membantu pengangkutan bongkaran tol ke titik lokasi kerusakan jalan.

"Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pemda dan perusahaan di OKI untuk melakukan perbaikan infrastruktur secara cepat, untuk membantu masyarakat," ujar Pj Bupati OKI Asmar Wijaya.

Dia berharap, solusi seperti ini dapat membantu perbaikan jalan khususnya di wilayah yang banyak mengalami kerusakan secara cepat seperti di Kecamatan Mesuji, Cengal, dan lainnya.

Dinas PUPR Percepat Proses Perbaikan Jalan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Rabu 24 Januari 2024 melakukan survey kerusakan ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju khususnya pada sejumlah titik kerusakan di Desa Kbon Cabe, dan Desa Balam Jeruju, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI.

Sumber: