Beredar Kabar Tol Indralaya-Prabumulih Diberlakukan Tarif, ini Kata Pengelola

Beredar Kabar Tol Indralaya-Prabumulih Diberlakukan Tarif, ini Kata Pengelola

Informasi hoax tarif Tol Indra-Prabu.--

Beredar Kabar Tol Indralaya-Prabumulih Diberlakukan Tarif, ini Kata Pengelola

PRABUMULIH, oganilir.co - Informasi beredar di media sosial yang menyatakan Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) ke berbagai tujuan akan dikenakan tarif. Seperti Palembang, Pemulutan, KTM Sungai Rambutan, dan Indralaya.

Tak hanya tarif tol, dalam tabel yang beredar, juga sudah ada Kepmen (Keputusan Menteri) Nomor 194/KPTS/M/2024 tanggal 26 Januari 2024 tentang tarif Indralaya-Prabumulih.

Di dalam tabel itu pula, ditulis tarif tol Prabumulih-Palembang mulai dari Rp105.500 untuk golongan I. Prabumulih-Pemulutan Rp98.500 golongan I, Prabumulih-KTM Rambutan Rp94.000 golongan I dan Prabumulih-Indralaya Rp85 ribu untuk golongan I.

Branch Manager Tol Indralaya-Prabumulih Syamsul Rizal menegaskan info tarif yang beredar adalah tidak benar.

BACA JUGA:Manfaatkan Sisa Bongkaran Tol untuk Perbaikan Jalan Rusak

Ditanya berapa tarif sesungguhnya dan kapan mulai diberlakukan? Syamsul menjawabnya santai. "Kalau mau bertarif, pasti dilakukan terlebih dahulu sosialisasi ke pengguna jalan. Gak mungkin langsung diberlakukan," ujarnya menambahkan emotikon tertawa di ujung kalimatnya. 

Diketahui, tol Indraprabu yang menghubungkan Indralaya dan Prabumulih dengan melintasi Kabupaten Muara Enim tersebut, diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis 26 Oktober 2023 lalu.

Saat itu, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Indralaya–Prabumulih (Indraprabu) dan jembatan layang (Flyover) Patih Galung Prabumulih di titik nol tol Indraprabu, Kabupaten Ogan Ilir.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh orang nomor satu di Republik Indonesia disaksikan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Pj Gubernur Sumsel Dr Drs Agus Fatoni, Pj Wali Kota Prabumulih H Elman ST MM, Bupati Ogan Ilir  Panca Wijaya Akbar dan anggota DPR RI Ishak Mekki.

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Indraprabu Kembali Terjadi, Kali ini Mobil Pick Up Pengangkut Durian Terguling

Untuk pertama kalinya, peresmian ruas tol ini bukan dilakukan di Gerbang Tol melainkan di titik nol tol Indralaya–Prabumulih. Presiden RI, Joko Widodo menyebutkan, Tol Indralaya–Prabumulih sepanjang 64,5 km telah selesai dan segera dioperasikan.

"Jalan tol ini sudah dibangun sejak 2019 dengan medan yang tidak mudah, utamanya di Sumatera Selatan dengan biaya investasi Rp12,5 Triliun," sebut Joko Widodo saat itu.

Investasi memang besar, tetapi manfaat bagi negara dan rakyat akan sangat luar biasa kalau bisa menaikkan produktivitas yakni dengan menyambungkan jalan tol ke kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, industri, maka manfaatnya akan sangat besar sekali.

Sumber: