4 Khasiat Daun Meniran Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 Khasiat Daun Meniran Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Daun Meniran--

4 Khasiat Daun Meniran Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

oganilir.co - Daun meniran merupakan tanaman liar yang mempunyai batang berbentuk bulat tegak lurus, serta tingginya dapat mencapai satu meter jika tumbuh di tanah yang subur.

Daun Meniran atau dalam bahasa ilmiahnya Phyllanthus merupakan tanaman berbunga yang biasa digunakan dalam pengobatan herbal.

Daun meniran memiliki rasa yang agak asam dan pahit dengan sensasi yang mendinginkan. Tapi, di balik rasanya yang mungkin kurang nikmat, daun ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Adapun, 4 manfaat daun Meniran bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:5 Manfaat Jambu Mete Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

1. Membantu Mengatasi Batu Ginjal 

Batu ginjal merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya penggumpalan materi keras menyerupai batu di dalam ginjal. Perlu diketahui bahwa penggumpalan yang menjadi batu ginjal berasal dari mineral dan garam.

Selain itu, kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala seperti sering buang air kecil, munculnya rasa sakit saat buang air kecil, hingga urin yang keluar hanya sedikit. 

2. Mencegah terkena malaria 

BACA JUGA:4 Khasiat Leunca Bagi Kesehatan Selain Sebagai Bahan Lalapan

Manfaat daun meniran selanjutnya adalah dapat membantu mencegah terkena malaria. Dalam jurnal A Review of the Phytochemistry and Pharmacology of Phyllanthus urinaria L (2018) disebutkan, daun meniran mengandung terpenoid. Terpenoid adalah senyawa yang bermanfaat untuk antimalaria. 

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker 

Khasiat daun meniran sebagai obat tradisional lain adalah dapat mencegah pertumbuhan tumor baru dalam tubuh manusia. 

Sumber: