Mencoblos Pemilu, Warga Butuh Waktu 3-4 Menit

Mencoblos Pemilu, Warga Butuh Waktu 3-4 Menit

TPS di Kelurahan Alang-Alang Lebar Palembang. foto: karandas/oganilir.co--

Mencoblos Pemilu, Warga Butuh Waktu 3-4 Menit

PALEMBANG, oganilir.co - Hari ini Rabu 14 Februari 2024, masyarakat Indonesia yang sudah berusia 17 tahun ke atas menggunakan haknya untuk memilih presiden-wakil presiden, anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi, DPR RI, dan DPD. Warga berduyun-duyun mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya. 

Pantauan oganilir.co, Rabu 14 Februari 2024, kesibukan beberapa TPS sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah terlihat sibuk di beberapa TPS di Palembang. Begitu juga dengan saksi partai, sudah standby di TPS sebelum pukul 07.00 WIB.

Beberapa TPS di Kelurahan Alang-Alang Lebar sudah mengingatkan warga untuk menggunakan hak pilihnya menggunakan pengeras suara. Warga pun antusias untuk menggunakan hak pilihnya. Mereka datang tepat waktu pada pukul 07.00 saat TPS sudah buka. Warga yang akan menggunakan hak pilihnya menunjukkan undangan pemilih dan duduk beberapa saat menunggu dipanggil.

BACA JUGA:AS Berharap Pemilu Indonesia Berlangsung Jurdil

Setelah namanya dipanggil, barulah pemilih akan diberikan lima surat suara. Yakni DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan surat suara pilpres. Pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya butuh waktu sekitar 3-4 menit sejak namanya dipanggil sampai memasukkan surat suara ke dalam kotak suara.

Warga yang telah menggunakan hak pilihnya, biasanya tidak langsung pulang. Mereka memilih mengobrol di luar tenda TPS hanya sekadar untuk ngobrol bersama warga lainnya. 

Di TPS dalam Perumahan Villa Gardena 4, panitia sengaja menyediakan snack, teh, dan kopi kepada warga yang telah menggunakan hak pilihnya. 

Sumber: