Cara Unik Alpian Bobol ATM, Pindahkan Uang yang Dicuri untuk Tutup Kekurangan Dana di ATM Lainnya

Cara Unik Alpian Bobol ATM, Pindahkan Uang yang Dicuri untuk Tutup Kekurangan Dana di ATM Lainnya

Alfian Firdaus saat diamankan petugas di Polresta Sidoarjo. foto: radar sidoarjo.--

SIDOARJO, OGANILIR.CO - Alfian Firdaus punya cara unik saat membobol ATM. maklum dia juga teknisi pengisian di Anjungan Tunai itu. 

Sistem silang ia terapkan, kuras ATM ditempat lain, dan menutup kekurangan isinya dari ATM lainnya. Tapi akal liciknya tetap terendus juga. Dan Alfian harus mendekam di penjara.

Kerja malingnya sukses meraup ratusan juta di beberapa mesin ATM, lalu dibuat foya-foya hingga bermain-main judi. 

Itulah yang sempat dilakukan Alfian Firdaus, warga Jalan Brigjen Katamso, Desa Kedungrejo, Kecamatan Waru. Namun, kesenangan itu hanya sesaat.

Kini, pemuda 24 tahun tersebut tidak bisa berfoya-foya lagi. Dia harus hidup meringkuk di sel tahanan. 

Belum lama ini, Alfian telah dibekuk oleh Unit Pidum Satreskrim Polresta Sidoarjo. Dari hasil pengusutan, total uang yang berhasil dikuras Alfian dari beberapa tempat mesin ATM mencapai Rp 368 juta.

Alfian bisa membobol uang di mesin ATM itu karena bekerja sebagai karyawan PT Cakrawala Mitra Bersama (CMB). Perusahaan tersebut ditunjuk oleh Bank Mandiri sebagai vendor atau pengelola mesin ATM.

Setidaknya, ada dua mesin ATM Bank Mandiri yang digasak Alfian. Yakni, di sebuah minimarket Desa Wage, Kecamatan Taman, dan di Perumahan Permata, Kecamatan Gedangan. 

Perbuatan tersebut dilakukan pelaku pada 20 Juni dan 26 Mei 2022 lalu.

“Tersangka merupakan karyawan dari vendor. Biasanya bertugas memperbaiki kerusakan pada mesin ATM atas instruksi dari tim monitoring PT CMB,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro seperti dilasir Jawa Pos Radar Sidoarjo (2/9).

Namun, pelaku justru datang ke kedua mesin ATM tersebut tanpa ada instruksi dari tim monitoring PT CMB. 

Berbekal kunci ATM dan kunci kombinasi, pelaku berhasil menggondol uang ratusan juta. Di sebuah minimarket Desa Wage, pelaku berhasil mencuri uang Rp 172,8 juta. 

Sepekan kemudian, dia kembali mengambil uang Rp 195,2 juta di tempat yang sama

Ternyata, uang yang dicuri pelaku itu digunakan untuk menutupi uang di mesin ATM lain yang pernah diambil sebelumnya. 

Sumber: