Pleno PPK di Kabupaten Muratara Memanas, Petugas Minta Penambahan Personel Pengamanan

Pleno PPK di Kabupaten Muratara Memanas, Petugas Minta Penambahan Personel Pengamanan

Aplikasi Sirekap KPU RI.--

Pleno PPK di Kabupaten Muratara Memanas, Petugas Minta Penambahan Personel Pengamanan

MURATARA, oganilir.co - Beredarnya informasi penyetopan rekapitulasi pleno PPK serentak oleh KPU RI, masih menjadi perdebatan. Pasalnya, hingga saat ini sejumlah wilayah masih melakukan pleno PPK seperti di wilayah Kabupaten Muratara.

Ketua KPU Kabupaten Muratara Heriyanto melalui Kasubag Teknis dan Informasi Busairi mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menyetop pelaksanaan Pleno PPK di Kabupaten Muratara. Pihaknya masih menunggu, surat resmi dari KPU Provinsi maupun KPU RI terkait penyetopan pelaksanaan tahapan pleno serentak yang diinformasikan akan dilanjut tanggal 20 Februari tersebut.

"Informasinya memang ada instruksi penyetopan tahapan pleno serentak seluruh wilayah. Karena adanya sejumlah perbaikan perbaikan yang akan dilakukan KPU di Sirekap," kata Busairi, Senin 19 Februari 2024.

BACA JUGA:Kecewa tak Ditemui KPU-Bawaslu Muratara, Massa Blokir Jalinsum

Perbaikan itu berupa data C hasil dan C salinan pemungutan suara yang dimasukkan di dalam Sirekap. Banyak yang error dan salah terbaca sistem. Sehingga harus dilakukan perbaikan ulang.

"Cuma perbaikan manual, bukan dihapus. Jadi ada angka angka romawi dalam penulisan C salinan itu salah terbaca sistem. Jadi harus dimasukkan translate angka manual untuk jumlahnya," ujarnya.

Pihaknya mengaku, hingga saat ini pleno PPK di seluruh wilayah Kecamatan Muratara masih terus berlangsung. Bahkan di sejumlah tahapan pleno PPK di sejumlah wilayah Muratara berlangsung cukup panas.

"Kami masih menunggu surat pemberitahuan resmi, informasi yang kami dapat baru dari grup-grup saja. Karena belum ada suratnya, tahapan pleno masih dilakukan," bebernya.

BACA JUGA:Desk Pemilu Bukan Saingan KPU Mengetahui Hasil Pemilihan Umum

Informasi dihimpun, sejumlah tahapan pleno PPK di Muratara masih terus berlangsung panas. Bahkan secara langsung Kapolda Sumsel turun tangan melakukan pantauan langsung ke sejumlah lokasi pelaksanaan pleno PPK.

Seperti di PPK Kecamatan Karang Jaya, PPK Rupit dan PPK  Ulu Rawas. Sekitar pukul 10.00 WIB, dikabarkan meminta penebalan pengamanan menginggat tahapan pleno di wilayah Ulu Rawas berpotensi menimbulkan kericuhan.

Sumber: