Seluruh SMP Ogan Ilir Ikuti Gerakan Sekolah Sehat

Seluruh SMP Ogan Ilir Ikuti Gerakan Sekolah Sehat

Kegiatan Gerakan Sekolah Sehat--

Seluruh SMP Ogan Ilir Ikuti Gerakan Sekolah Sehat 

OGANILIR.CO- Sebanyak 85 lembaga pendidikan jenjang SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Ogan Ilir mengikuti kegiatan Sosialisasi Gerakan Sekolah Sehat Jenjang SMP Tahun 2024.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Disdikbud) Pemkab Ogan Ilir Sayadi SSos, MSi berlangsung di Emilia Hotel Palembang,  19-21 Februari 2024.

Acara dihadiri oleh Kabid, Kasi dan Staf Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Pemkab Ogan Ilir, dengan menghadirkan nNarasumber kegiatan  Gustini, SKM, MKes dan Karindra M. Rahayu, S.Farm, Apt dari Balai Besar POM Palembang.

BACA JUGA:SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir Tuan Rumah, Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah

Kadisdikbud Pemkab Ogan Ilir Sayadi SSos Msi mengatakan,  tujuan dari kegiatan ini, agar tersampaikannya program sekolah sehat terutama pada pangan jajan anak sekolah dan pengenalan zat aditif dan berbahaya yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. 

“Selain itu, agar tercapainya sehat gizi, sehat fisik dan sehat imunisasi di tingkat SMP se-Kabupaten Ogan Ilir,’’kata Sayadi.

Lebih lanjut Sayadi mengatakan, program sekolah sehat terdiri dari 2 bagian, sehat bergizi dan sehat fisik. Sehat bergizi adalah meningkatkan derajat kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi.

BACA JUGA:Sekolah Kebanjiran, Sekolah Lakukan Proses Belajar Mengajar Secara Daring

“Jadi sekolah sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, rindang, aman, dan nyaman, peserta didiknya sehat, aktif dan bugar, serta berperilaku hidup bersih dan sehat,’’katanya .

Dikatakannya tujuan usaha kesehatan sekolah, untuk  meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) dan lingkungan sekolah yang sehat sehingga memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Kemudian program sekolah sehat bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang bersih, nyaman, dan berkualitas bagi siswa dan guru. Dengan demikian, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan optimal dan meningkatkan prestasi anak didik.(**)

Sumber: