Unsri Wisuda Sarjana Baru, ini Rinciannya

Unsri Wisuda Sarjana Baru, ini Rinciannya

Rektor Unsri pose bersama wisudawan/wisudawati.--

Unsri Wisuda Sarjana Baru, ini Rinciannya

INDRALAYA, oganilir.co - Universitas Sriwijaya (Unsri) kembali menelurkan sarjana baru. Sebanyak 1.822 sarjana baru dilantik, Rabu 21 Februari 2024 di auditorium Unsri kampus Indralaya. 

Wisuda dilakukan oleh rektor Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi. Pelaksanaan wisuda dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada Rabu 21 Februari 2024 dan sesi kedua 22 Februari 2024.

Taufiq Marwa menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua atau wali atas keberhasilannya menuntaskan salah satu kewajibannya memberi pendidikan yang baik kepada anak-anaknya. Menurutnya tidak ada pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik. Ucapan selamat juga disampaikan untuk para alumni yang diwisuda atas keberhasilannya mendapatkan gelar akademik yang diidamkan.

BACA JUGA:FK Unsri Tambah Guru Besar, ini Profilnya

“Teriring doa semoga gelar yang didapatkan dan ilmu yang diperoleh diberkahi Allah SWT. Semoga keberhasilan hari ini menjadi awal keberhasilan-keberhasilan yang akan datang. Kami ingin berpesan kepada wisudawan dan wisudawati tolong jaga nama baik almamater, nama baik Unsri. Selalu berbuat jujur amanah, menjaga etika, dan moral. Hormati orang tua, cintai sesama, insyaAllah para alumni akan sukses di manapun berada,” kata Taufiq Marwa.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni MSi. yang turut hadir pada acara wisuda sesi ke dua menyampaikan kepada para alumni bahwa ilmu yang didapat diharap bisa menjadi bekal untuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara, menjadi bekal awal untuk kesuksesan bagi wisudawan dan wisudawati. Menurutnya wisuda merupakan hari yang bersejarah dan menjadi catatan sejarah tentang perjalanan hidup di masyarakat. 

“Wisuda adalah akhir belajar pada tahap tertentu, tetapi merupakan awal belajar untuk tahap berikutnya. Kita tidak berhenti belajar hanya pada saat wisuda saja, tetapi kita akan belajar sepanjang hayat, karena banyak sekali yang harus kita ketahui, harus kita dalami, harus kita mengerti, dan bisa kita kembangkan. Wisudawan-wisudawati yang kami cintai dan kami banggakan, proses pendidikan sudah selesai, namun ini bukan akhir dari semuanya. Bukankah ada yang akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, ada juga yang akan bekerja? Namun kita tetap bagian dari masyarakat. Oleh karena itu bekal yang telah diperoleh selama pendidikan menjadi modal bagi wisudawan-wisudawati untuk bisa mengembangkan pribadi untuk bisa terus meningkatkan kapasitas dan terus untuk membekali diri. Pendidikan itu bukan hanya masalah mata kuliah, bukan hanya masalah mata pelajaran, tetapi pendidikan di dalamnya mengandung karakter, akhlak, dan pengembangan keterampilan. Oleh karena itu di dalam kita melaksanakan pendidikan bukan hanya mengembangkan pengajaran saja bukan hanya mengajarkan mata kuliah saja, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah pengembangan karakter, akhlak, dan mental. Ini yang sangat penting dan perlu kita miliki bersama agar kita lebih siap lagi untuk terjun di tengah-tengah masyarakat. Dalam bekerja tentu kita juga harus menyesuaikan dengan lingkungan begitu juga pendidikan. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk terus belajar mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan,” pesan Agus Fatoni.

BACA JUGA:Luar Biasa, Mahasiswa Unsri Borong Medali di Thailand Day IPTEX 2024

Wisudawan dan wisudawati yang dilepas merupakan alumni Fakultas Ekonomi (FE) 199 orang terdiri dari jenjang Deploma III  2 orang; jenjang Strata 1 (S1) 152 orang; jenjang  Strata 2 35 orang; Strata 3  10 orang.

Fakultas Hukum 84 orang terdiri dari jenjang Strata 1 64 orang; jenjang Strata 2 16 orang; Strata 3 6 orang, Fakultas Teknik 97 orang, terdiri dari jenjang Strata 1 72 orang, jenjang Strata 3 8 orang,  Fakultas Kedokteran 280 orang terdiri dari jenjang Strata 1 245 orang, Sp1 28 orang; Sp2 6 orang, dan Program Profesi 1 orang, Fakultas Pertanian 249 orang terdiri dari alumni jenjang Strata 1 249 orang; jenjang Strata 2 13 orang; Strata 3 2 orang, dan FKIP 391 orang terdiri dari jenjang Strata 1 354 orang; jenjang Strata 2 37 orang.

Kemudian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 181 orang terdiri dari jenjang Strata 1159 orang; jenjang Strata 2 13 orang; Strata 3 9 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 97 orang terdiri dari jenjang Strata 1 89 orang; Strata 2 6 orang; Strata 3 2 orang, Fakultas Ilmu Komputer 136 orang terdiri dari jenjang D III 25 orang; Starata 1 104 orang; Strata 2 7 orang,  Fakultas Kesehatan Masyarakat 87 orang terdiri dari jenjang Strata 1 70 orang; Strata 2 17 orang.

Lalu, Program Pascasarjana 6 orang terdiri dari jenjang Strata 2 3 orang dan Strata 3 3 orang.

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Terduga Pelaku Begal Mahasiswi Unsri Hingga Tewas, Ditangkap

Sumber: