Viral Ulat Bulu Beracun dan Mematikan. Ini Faktanya ?

Viral Ulat Bulu Beracun dan Mematikan. Ini  Faktanya ?

Foto Istimewa --

Viral Ulat Bulu Beracun dan Mematikan. Ini  Faktanya ?

OGANILIR.CO-Viral… beredarnya unggahan video yang menampilkan ulat bulu  beracun dan mematikan bila tersentuh oleh manusia.

Menjadi bahan pembicaraan dikalangan masyarakat. Unggahan video 14 detik  dimuat di akun media sosial X (Twitter) @tanyarlfes pada Kamis  22 Februari 2024 .

Unggahan tangkapan layar yang menampilkan pesan terusan dari grup WhatsApp, agar seluruh masyarakat Indonesia untuk menghindari ulat yang ada dalam video . Ulat tersebut memiliki ciri berwarna hijau dengan bulu berukuran cukup besar yang menempel pada daun.

BACA JUGA:Operasi Pasar, Beras 2 Ton dan Minyak Goreng 400 Liter Ludes Terjual Murah

Dalam unggahan tersebut, disebutkan, bahwa ulat tersebut  sudah membunuh 16 bocah yang menyentuhnya karena menganggap ulat tersebut sebagai anak burung. 

Disebutkan, anak yang memegang ulat tersebut mengalami kejang-kejang dan tak lama kemudian meninggal dunia karena racunnya melebihi racun ular.

 "Himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia kalo melihat hewan ini tolong hindari apa lg anak2, ini ulat dari America nampaknya, uat ini sudah embunuh anak 16 jiwa , awalnya dikira anak burung jatuh setelah dipegang anak itu kejang2 dan tak lama meninggal, racunnya melebihi bisa ular,’’tulisnya dalam grup WhatsApp.

BACA JUGA:3 Tips Menabung Agar Tetap Konsisten Sampai Tujuan, Selalu Tetapkan Deadline

Apa jenis ulat tersebut? Dan benarkah mematikan? Dokter  hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Slamet Raharjo mengatakan, ulat yang ada dalam unggahan tersebut adalah jenis ulat asp dari Amerika. Ulat asp adalah ulat bulu yang dapat menyebabkan alergi bila terkena kulit manusia. Ulat jenis ini biasanya ditemukan di berbagai habitat tergantung pada spesies tertentu. 

Beberapa ditemukan di hutan, sementara yang lain ditemukan di area terbuka seperti ladang dan kebun. "Bulunya membawa allergen kuat bersifat racun. Mirip ulat matahari yang kalau kena kulit bulunya menancap langsung dan menimbulkan gatal dan panas," ujarnya 

Meski begitu kata Slamet , efek samping dari ulat bulu tersebut tidak fatal kecuali untuk individu tertentu yang mempunyai riwayat shock allergic atau syok anafilaksis, yakni  reaksi alergi yang sangat parah. 

BACA JUGA:Banjir Besar di Muratara, Warga Tangkap Ular Sanca

Dikatakan Slamet, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan karena ulat ini tidak ada di Indonesia. Soal pernyataan yang mengatakan ulat asp menyebabkan kematian, Slamet mengatakan bahwa itu hoaks.

Sumber: