Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum, 2 Dosen UTM Jadi Narasumber

Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum, 2 Dosen UTM Jadi Narasumber

Pose bersama mahasiswa PSPPI usai mengikuti kuliah umum dari dosen UTM, Sabtu 24 Februari 2024. foto: humas unsri--

Mahasiswa PSPPI Unsri Ikuti Kuliah Umum, 2 Dosen UTM Jadi Narasumber

PALEMBANG, oganilir.co - Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar kuliah umum yang diikuti mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI). Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa PSPPI Unsri angkatan 3 dan 4 secara hybrid di Ruang Djuaini Moekti Lembaga Bahasa Unsri Kampus Palembang, Sabtu 24 Februari 2024. 

Dua narasumber menjadi pembicara dalam kuliah umum tersebut. Mereka berasal dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Prof Ir Dr Mahmood bin MD Tahir dan PM Ir Dr Shek Poi Ngian yang memberikan materi tentang kode etik dan etika keinsinyuran profesionalisme.

Dekan Fakultas Teknik Unsri, Prof Dr Eng Ir Joni Arliansyah MT menyampaikan kuliah umum pada hari ini diberi tema ”Profesionalism and Engineer Ethics”. Ia mengatakan bahwa profesionalisme merupakan irisan dari behaviour, skill dan knowledge.  disebutkannya beberapa ciri dari orang yang profesional yaitu, humbel (tidak sombong), percaya diri, terorganisir dan terstruktur. Umumnya akan ada standar kompetensi, pendidikan atau pengetahuan yang harus ditunjukkan sekaligus mematuhi kode etik serta standar etika.

BACA JUGA:Unsri Wisuda Sarjana Baru, ini Rinciannya

"Hari ini kita akan belajar dan diskusi lebih banyak mengenai ” Profesionalism and Engineer Ethics”  dari narasumber kita. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk memberikan kuliah Umum pada hari ini. Kepada Bapak ibu Mahasiswa PPI Unsri, selamat mengikuti Kuliah Umum, tentunya kita akan mendapatkan pengetahuan dan manfaat dari kuliah Umum kita pada pagi hari ini. Saya berharap nantinya saudara-saudara  Mampu menunjukkan sikap profesionalisme baik dalam keahlian atau kemampuannya, dan selalu menjunjung tinggi etika profesi secara strategis dan akuntabel," kata Joni.

Sementara itu, Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE IPU MKU ASEAN Eng APEC Eng, ketua PSPPI Unsri menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber Guru Besar Teknik Sipil dari UTM yang telah hadir pada kegiatan kuliah umum tersebut.

"Kita bangga dan suatu kehormatan pada kesempatan ini Prof Ir Dr Mahmood bin MD Tahir dan PM Ir Dr Shek Poi Ngian bisa hadir dan banyak ilmu yang bisa kita dapatkan hari ini dari beliau," ujar Anis Saggaff.

BACA JUGA:Luar Biasa, Mahasiswa Unsri Borong Medali di Thailand Day IPTEX 2024

Dia menyatakan bahwa penyelenggaraan PSPPI Unsri tidak main-main yang hanya duduk-duduk dapat sertifikat. Ia berharap agar mahasiswa PSPII Unsri dapat mengikuti perkuliahan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga dapat menyelesaikan program studi dengan baik dan menjadi insinyur yang profesional. (ril)

Sumber: