Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pagar Bulan Portal Jalan

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pagar Bulan Portal Jalan

Aksi pemortalan jalan yang dilakukan warga Desa Pagar Bulan, Kecamatan Rantau Bayur, Selasa 27 Februari 2024. --

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pagar Bulan Portal Jalan 

BANYUASIN, oganilir.co - Warga Desa Pagar Bulan, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumsel melakukan protes atas kerusakan jalan yang tak kunjung diperbaiki. Kerusakan jalan desa dipicu karena sering dilintasi kendaraan pengangkut pasir. 

Protes yang dilakukan warga dengan memportal jalan, Selasa 27 Februari 2024 sore. Mereka memasang kayu di tengah jalan menyerupai portal permanen. 

Kerusakan jalan Desa Pagar Bulan itu sendiri diperparah dengan kondisi musim penghujan, sehingga menyebabkan masyarakat kesulitan atau menjadi terganggu ketika melintas. 

Warga sendiri meminta kepada pengusaha tambang pasir, pemilik angkutan pasir dan lainnya agar dapat bertanggung jawab untuk memperbaiki jalan tersebut.

BACA JUGA:Korban Ketiga Perahu Ketek Tenggelam di Rantau Bayur Ditemukan Meninggal

"Warga hanya minta diperbaiki," kata Zulkarnain. 

Sehingga warga yang hendak beraktivitas melalui jalan itu dapat dengan mudah melintas. Memang sudah ada itikad baik dari pengusaha tambang pasir, pemilik angkutan pasir dan lainnya, tapi hanya alakadarnya. 

Usai aksi damai dengan memasang portal kayu, warga bersama pengusaha tambang pasir, pemilik angkutan pasir dan pihak terkait lainnya melakukan mediasi di kantor Polsek Rantau Bayur.

"Alhamdulillah sudah ada kesepakatan antar mereka," kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kapolsek Rantau Bayur Iptu Yusri Meriansyah. 

Kesepakatan tersebut diantaranya mobil truk angkutan pasir dapat melintasi jalan tersebut, tapi dengan syarat jalan itu sudah dilakukan perbaikan. "Kendati diportal, kendaraan masyarakat bisa melintasi seperti biasa," jelasnya. Diakuinya aksi pemortalan jalan itu terjadi karena jalan desa Pagar Bulan, Kecamatan Rantau Bayur, Banyuasin rusak akibat mobil truk angkutan pasir.

BACA JUGA:Perahu Ketek Berpenumpang 6 Orang Terbalik di Rantau Bayur, 2 Warga Palembang Meninggal

Sebelumnya warga Desa Pagar Bulan pada Tahun 2023 tepatnya bulan Januari juga melakukan aksi damai dengan meminta kepada pemerintah untuk memperbaiki jalan desa tersebut dengan pasang portal.

Warga sendiri geram, karena jalan desa itu sendiri sudah sekitar setengah tahun mengalami kerusakan akibat lalu lalang truk angkutan pasir dan kayu balok.

Sumber: